Deretan Jenis Burung Unik Kakatua Khas dari Indonesia

21 Oct 2022 18:50 812 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Deretan Jenis Burung Unik Kakatua Khas Dari Indonesia

Burung adalah salah satu jenis satwa yang memiliki kemampuan untuk terbang. Ada berbagai jenis burung tersebar di seluruh belahan bumi dimana sebagian dari spesies burung berada di wilayah Indonesia seperti salah satunya bernama Burung Kakatua yang terkenal dengan kepintarannya berbicara manusia. Berikut di bawah ini adalah beberapa spesies Burung Kakaktua asli dari Indonesia.

1/ Kakaktua Putih 

Burung Kakaktua Putih memiliki nama internasional yaitu White Cockatoo yang juga mempunyai nama ilmiah adalah Cacatua Alba. Disebut sebagai kakaktua putih dikarenakan seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu berwarna putih bersih seperti awan di langit.

Burung ini memiliki ciri khas yaitu dilengkapi oleh jambul besar dan melengkung ke belakang. Jambul ini bisa terbuka lebar dan ketika sedang terbuka akan tampak menyerupai payung sehingga burung ini disebut juga dengan nama Burung Payung atau Umbrella Bird. Ciri khas kedua adalah memiliki mata burung berwarna hitam atau cokelat kemerahan dengan bagian kaki berwarna gelap. Pad bagian dalam ekor terdapat bulu putih dengan corak kuning yang akan terlihat jelas saat burung-burung ini terbang.

Kakaktua Putih mampu tumbuh hingga 46 cm dengan berat tubuh rata-rata sekitar 400 s/d 800 gram. Wilayah persebarannya adalah meliputi Maluku Utara dan Maluku Tengah terutama di Pulau Bacan, Kasiruta, Halmahera, Tidore, Ternate dan Mandioli.

Burung ini hanya menikah sekali seumur hidup (monogami) yang merupakan pemakan biji-bijian dan buah-buahan berkulit seperti durian, rambutan, pisang dan yang lainnya. Juga kadang-kadang burung ini mengkonsumsi binatang lain seperti kadal, katak sawah atau serangga. Populasi burung ini saat ini masih tergolong aman yaitu sekitar 40.000 hingga 183.000 dimana jumlah ini akan terus mengalami penurunan sebagai akibat perburuan liar dan rusaknya habitat mereka. 

2/ Kakaktua Raja 

Jika pada umumnya kakaktua mempunyai warna bulu dominan putih maka Kakaktua Raja memiliki bulu dominan berwarna hitam kecuali pada bagian pipinya yaitu berwarna merah. Warna inilah yang menjadikan ciri khas dari burung ini yang menyebabkan burung ini mudah dikenali. Burung Kakaktua Raja mempunyai nama ilmiah Probosciger Aterrimus yang mempunyai ciri unik yaitu warna merah pada pipi burung dapat menjadi indikator kesehatan burung ini.

Di samping mempunyai warna bulu yang unik, Kakaktua Raja merupakan spesies kakaktua terbesar di dunia. Kakaktua ini asli dari Papua yang mempunyai ukuran tubuh bisa mencapai angka 60 cm dengan sayap membentang selebar 1 m serta berat sekitar 1200 gram.

Di samping banyak ditemukan di Papua yaitu daerah Sorong, burung ini juga bisa dijumpai di wilayah Queenslaand di Australia. Mereka menyukai hutan hujan yang memiliki koleksi pohon besar banyak dahan untuk bertengger guna mengintai mangsa. Burung Kakaktua Raja merupakan salah satu jenis burung pemakan dedaunan muda, biji-bijian, serangga hingga larva mereka sendiri.

Burung ini tercatat dalam IUCN sebagai spesies burung dengan status beresiko rendah namun berdasarkan CITES Kakaktua Raja berstatus Appendix I. Appendix I artinya adalah burung ini tidak boleh diperjualbelikan dalam skala internasional kecuali dengan tujuan tertentu dan jelas.

3/ Kakaktua Koki 

Kakaktua Koki atau sering dikenal dengan sebutan burung Kakaktua Jambul Kuning adalah salah satu jenis burung kakaktua yang asli berasal dari Papua. Burung ini memiliki nama ilmiah adalah Cacatua Galerita merupakan burung paruh bengkok dengan ukuran yang tergolong besar yaitu bisa mencapai 50 cm dengan berat tubuh rata-rata 1000 gram dan jambul sepanjang 14 cm.

Selain hidup dihampir seluruh wilayah Papua, Kakaktua Koki juga mampu hidup di sebagian wilayah Australia. Penampilan fisik dari burung ini adalah didominasi warna putih kecuali pada bagian jambulnya dan penutup telinga yang berwarna putih. Sedangkan bagian kaki berwarna abu-abu gelap.

Habitat dari Burung Kakaktua Koki adalah di hutan sekunder seperti di rawa-rawa dan hutan yang berdekatan dengan sungai. Mereka juga berhabitat di hutan bakau dan di ladang pertanian atau budidaya.

Meskipun mempunyai penampilan yang rata-rata cantik namun burung ini merupakan salah satu burung hama sebab sering kali memakan buah dan tanaman budidaya serta suka mematahkan ranting pohon muda. Selain memakan tanaman budidaya, mereka juga suka memakan akar rhizome bakau, biji-bijian, tunas muda dan buah-buahan.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel