Deretan Daftar Tanaman yang Fungsinya Mengusir Ular dari Kebun

24 Oct 2022 14:40 314 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Deretan Daftar Tanaman Berfungsi Mengusir Ular Dari Kebun

Ada beberapa tips yang bermanfaat dalam memilah tumbuhan pengusir ular seperti menyeleksi tumbuhan yang bersifat nyaman bila di rumah ada anak-anak. Tanamlah dalam jumlah yang banyak serta berderet supaya hasilnya memuaskan dengan jarak tanam yang diseimbangkan. Sebaiknya jangan menanm tanaman yang berisiko ada toksin, berduri tajam serta menyebabkan alergi yang juga bisa mengganggu hewan peliharaan. Seleksilah tumbuhan yang mudah dalam perawatan seperti tanaman lidah mertua yang cocok dikembangkan bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat. Tetap pantau tanaman yang berumpun di taman untuk menghindari ular bersarang meskipun ini termasuk sebagai salah satu tanaman pencegah masuknya ular ke dalam taman.

Beberapa jenis tanaman berikut ini bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir ular yang dapat anda kembangkan di halaman rumah, silahkan menyimaknya.

1/ Serai

Tanaman serai biasanya difungsikan sebagai salah satu tanaman rempah yang lezat digunakan sebagai bahan penyedap masakan. Dibalik manfaat sebagai penyedap serta untuk kesehatan tubuh, serai bisa difungsikan sebagai tanaman untuk menjauhkan area rumah dari masuknya ular. Hal ini disebabkan karena serai menghasilkan aroma jeruk yang tidak disukai oleh ular. Dalam batang serai mengandung zat bernama citronella yaitu zat yang dibenci oleh nyamuk. Maka dari itu tumbuhan yang satu ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki manfaat untuk mengusir ular, nyamuk serta hama dari kebun, ladang atau sawah. Permukaan daun serai yang kasar dan tajam membuat ular menjauhi tumbuhan ini. Juga dalam merawat tanaman ini sangat mudah yaitu hanya membutuhkan air untuk menyiramnya setiap pagi dan sore hari. Tanam serai di pinggir rumah atau sebagai tanaman hias di halaman rumah dan bisa juga letakkan dalam pot di teras rumah.

2/ Tanaman Bawang Merah Dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih merupakan dua tanaman rempah yang biasa dikembangkan di ladang namun bermanfaat ditanam di halaman rumah untuk mengusir ular. Kedua tanaman ini menghasilkanbau yang tidak disukai oleh ular dan bisa membuat ular kebingungan seperti terkena racun lalu lari keluar dan diketahui manusia lalu dibunuh. Kedua tanaman rempah ini adalah tanaman kedua terbagus bermanfaat untuk mengusir ular tanpa perlu repot-repot membunuhnya. Karena tanaman ini akan menghasilkan residu berminyak ketika ular secara tak sengaja merayap di bagian permukaannya. Minyak ini bekerja sangat mirip dengan umbi bawang merah dan bawang putih terutama ketika anda mengirisnya akan mengeluarkan aroma membingungkan untuk ular .

3/ Marigold

Tanaman hias ini memiliki bunga yang bercorak unik dan sangat indah tetapi baik itu daun dan bunganya bisa difungsikan sebagai media untuk mengusir ular dari pekarangan rumah anda. Karena tanaman ini memiliki penangkal yang sangat kuat yaitu mengeluarkan bau yang sangat tajam menusuk lubang hidung ular hingga membekas ke liang ular bersarang. Tanamlah tanaman hisa ini selain bisa mempercantik pekarangan juga rumah akan terhindar dari ancaman masuknya ular dari pekarangan ke dalam rumah.

4/ Tumbuhan Minta

Tumbuhan mint tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah juga memiliki khasiat untuk rempah dan kesehatan tubuh. Daun mint banyak mengandung serat serta vitamin A dalam jumlah besar. Mint mengeluarkan aroma yang bisa dimanfaatkan untuk aromaterapi yang memiliki fungsi sebagai media meredakan tekanan pikiran / stres. Tumbuhan yang paling disukai oleh ibu-ibu rumah tangga ini ternyata sangat dibenci oleh ular. Karena daunnya mempunyai tekstur agresif membuat ular enggan menjalar melalui semak daun mint. Juga semua bagian dari tanaman mint mengeluarkan aroma pedas yang dibenci oleh ular karena membuat ular kepanasan. Tanaman ini mudah dikembangbiakkan dalam pekarangan rumah yang difungsikan sebagai pagar pekarangan.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel