Beberapa Negara Di Eropa Timur Masih Dalam Tahap Berkembang

25 Oct 2022 09:57 222 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa Negara Di Eropa Timur Masih Dalam Tahap Berkembang

Sebutan yang diberikan kepada sekumpulan negara-negara yaitu Eropa Timur berawal dari sebutan negara barat kepada sekumpulan negara yang menganut paham komunis saat terjadi Perang Dunia dengan nama Blok Timur. Setelah perang dunia usai dengan pihak Uni Soviet yang kalah maka mulailah bermunculan negara-negara baru. Negara-negara inilah yang menjadi bagian dari Eropa Timur saat ini. Berbeda dengan negara di bagian Benua Eropa lainnya, dari segi ekonomi, hampir seluruh negara di Eropa Timur termasuk ke dalam negara berkembang. Nah kali ini kami melalui artikel ini akan membahas satu per satu mengenai profil negara berkembang di Eropa Timur.

1/ Negara Belarus

Belarus adalah salah satu negara yang lokasinya ada di Eropa Timur berbatasan secara langsung dengan Rusia. Belarus terkenal dengan nama populer adalah Belarusia. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah profil Negara Belarus.

Ibukota : Minsk

Pemerintahan : Republik Presidensial

Luas wilayah : 207.595 km2

Mata uang : Rubel Belarus

Bahasa : Belarus dan Rusia

Nama Belarus berasal dari suku kata ‘Bela’ yang artinya putih dan ‘Rus’ yang berarti tanah Slavia Timur yang saat ini sudah menjadi milik Belarus dan Ukaraina. 40 persen Negara Belarus dipenuhi oleh hutan hijau dan 13 persen wilayahnya adalah rawa-rawa. Belarus mempunyai salah satu rawa terbesar di Eropa yaitu Polesia. Juga ada banyak danau hingga mencapai angka 11.000 dan sungai sebanyak 28.000 (sungai besar dan kecil) sehingga Belarus mendapat julukan Blue Eyed Line. Secara administratif Negara Belarus terbagi menjadi sebuah ibukota bernama Minsk dan 6 provinsi antara lain Brest, Homyel, Hrodna, Mahilyow, Minsk dan Vitsebsk. Mayoritas penduduk Belarus menganut agama Kristen Orthodox Rusia dan Katholik.

2/ Negara Bulgaria

Bulgaria adalah salah satu negara di Eropa Timur yang mempunyai wilayah terluas ke-16 di Benua Eropa. Berikut profil singkat negara ini.

Ibukota : Sofia

Pemerintahan : Republik Parlementer

Luas wilayah : 110.994 km2

Mata uang : Lev Bulgaria

Bahasa : Bulgaria

Secara geografis, Bulgaria berbatasan secara langsung dengan Rumania di sebelah utara, Makedonia dan Serbia di sebelah barat, Laut Hitam di sebelah timur dan Yunani serta Turki di sebelah selatan. Pada awal berdiri negara ini mempunyai bentuk pemerintahan berupa kerajaan dan sempat dikuasai oleh Kekhalifahan Ustmaniyah sebelum dikalahkan dalam Perang Salib. Saat ini dengan adanya pemerintahan berbentuk republic setelah usai Perang Dunia II, secara geografis bentang alam Bulgaria termasuk variatif mulai dari salju di Puncak Alpen dan Pegunungan Balkan hingga ke pesisir Laut Hitam di bagian timur. Sumber daya alam Bulgaria berasal dari tembaga, mangan, timbal, seng, emas, besi, perak, uranium, marmer, kaolin dan yang lainnya. Pendapatan negara ini berasal dari produksi tambang dan manufaktur. Di dalam area negara ini terdapat 540 sungai yang mengalir membelah beberapa daerah. Juga terdapat 3 taman nasional dengan 35 persen daratan yang dipenuhi oleh hutan. Terdapat beberapa ragam fauna yang berhabitat di sini yaitu beruang cokelat, serigala, elang dan cerpelai.

3/ Negara Hongaria

Hongaria atau Hungaria adalah salah satu negara yang hanya mempunyai daratan saja (tidak memiliki laut). Negara ini dikelilingi oleh Austria di sebelah barat, Slowakia di sebelah utara, Ukraina di sebelah timur dan Kroasia serta Serbia di sebelah selatan. Berikut adalah profil singkatnya.

Ibukota : Budapest

Pemerintahan : Republik Parlementer

Luas wilayah : 93.030 km2

Mata uang : Forint

Bahasa : Hongaria

Secara geografis Negara Hongaria dibagi oleh 2 sungai besar yang mengalir di dalamnya yaitu Sungai Tisza dan Sungai Danube. Iklim benua menyebabkan terjadinya musim dingin yang lembab dan berawan dan musim panas yang hangat dan panas. Sejak tahun 2004 lalu negara ini bergabung dengan Uni Eropa dan menunjukkan adanya pertumbuhan ekonomi yang meningkat tajam. Ada sekitar 80 persen pendapatan domestik bruto disumbangkan oleh sektor swasta. Hingga saat ini Negara Hongaria tercatat sebagai salah satu negara yang mempunyai salah satu standar kehidupan tertinggi di Eropa Timur. Ibukota Hongaria adalah Budapest yaitu salah satu kota terbesar di negara ini. Di sini terdapat banyak situs historikal dan museum / monumen bersejarah yang menonjolkan keindahan arsitektur kota ini sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sini.

4/ Negara Moldova

Moldova adalah salah satu negara kecil yang terletak di Eropa Timur diantara Rumania dan Ukraina. Berikut adalah profil singkat negara ini.

Ibukota : Chisinau

Pemerintahan : Republik Parlementer

Luas wilayah : 33.846 km2

Mata uang : Leu Moldova

Bahasa : Rumania

Moldova mendeklarasikan kemerdekaan negaranya di tahun 1991 setelah berpisah dari Uni Soviet. Dari segi geografis terdapat 2 sungai yang mengaliri negara ini yaitu Sungai Dniester dan Sungai Prut. Tanah di negara ini rata-rata terbentuk dari beragam jenis tanah. Para penduduknya mengandalkan hasil pertanian untuk dapat bertahan hidup sehingga Moldova menjadi pemasok utama agrikultur di Eropa Timur. Moldova hanya mempunyai sedikit cadangan minyak bumi dan gas alam. Sumber daya alam yang dihasilkan berjenis material bangunan, bahan mentah semen, besi dan kaca.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel