Bahaya Diam di Bawah Pohon Ketika Cuaca Hujan dan Berpetir

24 Oct 2022 16:45 389 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Hindari Berdiri Di Bawah Pohon Tinggi Ketika Hujan Deras Dan Cuaca Berpetir

Pada waktu sedang hujan lebat yang dating secara tiba-tiba maka semua benda di alam semesta yang terletak di alam terbuka akan menjadi basah seperti pohon-pohon yang berada di pinggir jalan. Pohon-pohon ini adalah dianggap sebagai tempat yang aman bagi beberapa orang untuk berteduh padahal ini sangat berbahaya terutama ketika terjadi hujan disertai dengan petir. Para ahli menjelaskan jika pohon menjadi salah satu penghantar listrik yang baik terutama bila pohon tersebut dalam kondisi basah. Juga pohon-pohon yang memiliki tinggi melebihi bangunan atau benda-benda lain yang berada di sekitar pohon, maka pohon tersebut akan menjadi sasaran utama petir.

Pohon yang basah akan berubah menjadi konduktor atau bisa menghantarkan listrik dengan baik terutama ketika pohon ini tersambar oleh petir sehingga saat puncak pohon tersambar petir maka secara otomatis akan terjadi aliran listrik yang menjalar dengan cepat hingga ke bagian akar pohon. Jika di sekitarnya terdapat orang yang sedang bernaung / berdiri maka besar kemungkinan akan terkena sambaran petir. Hampir sebagian kasus tersambar petir saat berada di bawah pohon berakhir kematian !

Hal Ini Harus Dilakukan Saat Terjadi Petir

BMKG memberikan beberapa tips agar terhindar dari sambaran petir ketika sedang berlangsung musim hujan, antara lain sebagai berikut :

  • Hindari untuk berlindung di bawah pohon ketika sedang hujan deras disertai dengan petir. Pohon yang tersambar oleh petir memiliki energi yang bisa melompat ke arah tubuh.
  • Jauhi bangunan tinggi seperti menara dan tiang listrik yang mudah tersambar oleh listrik.
  • Apabila sedang mengendarai sepeda motor, segeralah berhenti dan mencari tempat untuk berlindung.
  • Apabila sedang berada di kolam renang maka sebaiknya segera naik dan menjauh. Sebab petir dapat menghantarkan energi ke dalam air.
  • Jika mendengar suara guntur yang keras segeralah masuk ke dalam bangunan atau ke dalam mobil apabila sedang berada di luar ruangan.
  • Jangan berada di lapangan terbuka, sawah atau taman karena petir akan mencari tanah untuk melepaskan energinya.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel