Mengenal Komponen Yang Terdapat Dalam Sel Hewan Dan Tumbuhan yang Masih Aktif

27 Oct 2022 16:50 304 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Komponen Yang Terdapat Dalam Sel Hewan Dan Tumbuhan Yang Masih Aktif

Sela adalah bagian terkecil yang memiliki fungsi untuk menyusun tubuh mahkluk hidup. Sel dalam hal ini mempunyai 3 komponen yang menjadi bagian utama yaitu sebagai berikut :

1/ Membran plasma

Membran plasma atau membrane sel memiliki sifat bilayer (dua lapis) dengan komponen di dalamnya antara lain sebagai berikut :

  • Fosfolipid / komponen utama yang bersifat ambivalen / berlawanan, kepala fosfolipid hidrofilik (suka air) dan ekor hidrofobik (takut air).
  • Protein integral (protein tepi). Glikogen yang menempel pada protein (glikoprotein) dan pada lipid (glikolipid).
  • Membran sel bersifat selektif permeable yaitu hanya bisa dilalui oleh zat-zat tertentu (zat berukuran kecil) seperti asam amino, glukosa dan asam lemak.

2/ Sitoplasma

Sitoplasma adalah bagian sel yang terbungkus oleh membran plasma. Sitoplasma terdiri dari air, protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin. Sitoplasma berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan material penting untuk metabolisme sel, tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia pembongkaran dan penyusunan zat. Sitoplasma terdiri dari :

  • Bagian cair (sitosol atau matriks) : tersusun atas air, protein, asam amino, vitamin, nukleotida, asam lemak, gula dan kumpulan ion.
  • Padatan : tersusun atas organel misalnya mitokondria, kloroplas, reticulum endoplasma dan kompleks golgi.

3/ Nukleus

Nukleus merupakan organel terbesar yang terletak di tengah-tengah sel. Nukleus mengandung matriks (nukleoplasma), nucleolus, RNA dan kromosom (tersusun atas protein dan DNA). Membran nucleolus terdiri dari membran dalam dan luar. Membran luar berhubungan dengan membran sel melalui retikulum endoplasma. Nukleoplasma mengandung benang-benang kromatin sebagai bahan pembelahan sel. Fungsi nukleus adalah sebagai pengendali sel, pengatur pembelahan sel dan pembawa informasi genetik.

Pada dasarnya struktur sel dibedakan menjadi sel prokariotik dan eukariotik dimana struktur prokariotik tidak mempunyai membran inti sehingga materi genetik bercampur dengan cairan sitoplasma. Contoh organisme prokariotik adalah bakteri dan alga biru. Sel-sel eukariotik memiliki membran inti. Organisme yang tergolong eukariotik adalah Protista, jamur, hewan dan tumbuhan.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel