Mengenal Secara Singkat Pengetahuan Umum tentang Bioma Hutan Gugur

27 Oct 2022 10:42 234 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Secara Singkat Pengetahuan Umum Tentang Bioma Hutan Gugur

Bioma adalah sebuah ekosistem yang terdapat pada daerah yang rata-rata luas terdiri dari flora dan fauna di sekitarnya. Ekosistem ini terbentuk karena adanya perbedaan astronomis dan letak geografis. Bioma erat hubungannya dengan keberadaan hutan gugur yaitu hutan yang mengalami empat musim yaitu panas, dingin, semi dan gugur. Jadi bioma hutan gugur adalah sebuah ekosistem yang terdiri dari flora dan fauna khas hanya ada pada wilayah hutan yang mengalami empat musim. Bioma hutan gugur terletak diantara 30º hingga 40º garis lintang utara dan garis lintang selatan yang mencakup wilayah beriklim sedang. Contohnya adalah dalam wilayah Amerika Serikat di bagian timur, ujung selatan benua Amerika, Asia Tengah, Asia Timur seperti Cina, Korea dan Jepang juga Eropa bagian tengah serta Australia.

Ciri Spesifik Dari Bioma Hutan Gugur

Bioma hutan gugur memiliki ciri-ciri spesifik yaitu antara lain sebagai berikut :

  • Mempunyai curah hujan sekitar 750 mm hingga 1000 mm / tahun.
  • Mempunyai suhu yang sangat rendah ketika sedang musim dingin yaitu bisa mencapai – 30 C dan akan menjadi sangat panas saat memasuki musim panas yaitu mencapai angka 30 C.
  • Memiliki empat musim di dalamnya yaitu musim semi, musim panas, musim dingin dan musim gugur.
  • Masing-masing musim rata-rata berlangsung selama 3 bulan saja.
  • Tumbuhan yang ada pada iklim sedang biasanya menggugurkan daunnya pada waktu musim dingin, sedangkan yang berada pada iklim tropis menggugurkan daunnya pada musim panas.

Jenis Flora Dan Fauna Bioma Hutan Gugur

1/ Jenis Flora

Ragam jenis flora yang hidup dalam bioma hutan gugur adalah bunga sakura, pohon oak, pohon basswood, pohon maple, jati, pinus, angsana, cemara, bambu, palem, pakis dan eukaliptus. Jenis flora ini rata-rata mendominasi yang umumnya merupakan tumbuhan tropofit yaitu tumbuhan yang beradaptasi dengan musim. Pohon-pohon yang ada pada bioma hutan gugur rata-rata mengandung getah yang digunakan untuk menjaga akar pohon dari pembekuan selama musim dingin.

Karena wilayah bioma hutan gugur mnyimpan empat musim maka terdapat variasi tumbuhan di dalamnya yang jumlahnya sedikit karena hanya tumbuhan yang tahan terhadap empat musim ini saja yang mampu bertahan hidup. Ketika ada pergantian musim, terdapat beberapa perubahan yang terjadi sebagai serangkaian proses dari adaptasi tumbuhan terhadap lingkungannya yaitu :

  • Pada musim panas, radiasi matahari, curah hujan dan kelembaban cukup tinggi sehingga pohon-pohon tumbuh dengan daun yang lebat dan membentuk tudung (namun cahaya matahari masih bisa masuk).
  • Menjelang musim dingin, radiasi matahari, suhu dan kelembaban mulai berkurang dan tumbuhan akan sulit mendapatkan air sehingga warna daun menjadi merah dan cokelat lalu akhirnya berguguran.
  • Pada musim dingin, tumbuhan tidak mempunyai daun karena sudah gugur, daun yang belum saatnya gugur tidak mengalami fotosintesis dan beberapa jenis hewan melakukan hibernasi.
  • Pada waktu musim semi tiba atau ketika menjelang datangnya musim panas, suhu udara mulai naik sehingga salju mencair dan dedaunan pada tanaman mulai tumbuh serta hewan-hewan berhibernasi mulai aktif kembali.

2/ Jenis Fauna

Adapun jenis fauna yang mendominasi dalam bioma hutan gugur adalah contohnya yaitu raccoon, babi hutan, harimau dan rusa. Fauna lainnya pada wilayah bioma ini adalah seperti panda, anjing hutan, beruang, musang, tupai, sigung, tikus kayu, bobcats, singa gunung dan bison.

Pada wilayah bioma hutan gugur terdapat serangga tetapi beberapa serangga tidak bisa bertahan di waktu musim dingin sehingga mereka bertelur sebelum akhirnya mati. Telur-telur ini akan bertahan di waktu musim dingin dan menetas setelah musim semi tiba.

Sedangkan adaptasi yang digunakan oleh fauna yang hidup dalam wilayah bioma hutan gugur ini adalah migrasi yang umumnya dilakukan oleh burung dan hibernasi yang sifatnya umum dilakukan oleh kebanyakan mamalia. Tujuan dari hibernasi ini adalah untuk menjaga agar tubuh tetap hangat serta mengurangi kebutuhan makanan karena sebagian besar tumbuhan yang tersedia tidak menghasilkan buah selama musim dingin.Adaptasi lainnya yang dilakukan beberapa fauna seperti tupai adalah menyimpan makanan. Tupai akan mengumpulkan makanan berupa kacang-kacangan dan biji-bijian dalam jumlah besar selama musim panas untuk digunakan selama musim dingin.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel