Pengetahuan Singkat Tentang Silia dan Penjelasannya

21 Oct 2022 12:48 550 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pengetahuan Singkat Tentang Silia Dan Penjelasannya

Silia merupakan struktur kecil menyerupai rambut yang terdapat di permukaan semua jenis sel mamalia. Mereka bersifat primitif dan bisa tunggal atau jamak. Silia memegang peranan penting dalam dunia olahraga. Mereka akan terlibat secara langsung dalam proses mekanoreseptor. Organisme dengan silia disebut ciliates. Mereka menggunakan silia untuk makan dan bergerak. Silia adalah pelengkap seperti rambut halus di permukaan sel eukariotik yang menyediakan sarana transportasi untuk berbagai protozoa dan hewan.

 

Silia Dan Ciri-Cirinya

Untuk lebih memudahkan mengenal keberadaan silia, maka perlu memperhatikan ciri-cirinya yaitu sebagai berikut :

  • Organel silia ditemukan pada sel eukariotik.
  • Mereka terdiri dari dua jenis yaitu silia motil dan tidak bergerak.
  • Silia yang tidak bergerak disebut silia primer dan berfungsi sebagai organel sensorik.
  • Secara struktural silia sama dengan sel-sel yang berada di area perut.
  • Mikroorganisme seperti paramecium mengandung silia untuk memudahkan seseorang berolahraga.
  •  

Silia Dan Fungsinya

Silia memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut :

1/ Silia memegang peranan penting dalam mendorong / pemberi semangat dalam olahraga. Di dalamnya termasuk pergerakan sel-sel itu sendiri atau zat / benda lain yang melewati sel.

2/ Dalam beberapa organisme yang dikenal sebagai ciliates, silia bertanggung jawab untuk pergerakan seluruh organisme. Misalnya pada protista uniseluler paramecium, silia menutupi permukaan organisme dan terlibat dalam gerakan-gerakan dan asupan makanan.

3/ Silia selain berfungsi menutupi bagian luar organisme juga menutupi rongga mulut dan mengangkut makanan ke area mulut organisme.

4/ Silia bisa membantu menghilangkan kotoran dari organ dan jaringan dengan membantu memindahkan cairan antar sel. Selaput lendir nasofaring dan trakea ditutupi dengan silia.

Contoh Dan Fakta Silia

Contoh histiosit dengan silia adalah epitel yang melapisi paru-paru, mengeluarkan cairan dan partikel. Contoh organisme pembawa silia adalah protozoa yang digunakan untuk bergerak.

Seperti flagela, silia terdiri dari theaxonem yang berisi dua mikrotubulus pusat yang dikelilingi oleh cincin luar dari 9 pasang mikrotubulus. Cincin luar mikrotubulus dikelilingi oleh membran yang menghubungkan ke membran sel.

Pertumbuhan silia dikendalikan oleh badan basal yang letaknya langsung di dalam permukaan sel di dasar silia. Di bawah permukaan beberapa sel terdapat jaringan akar serabut kecil atau berkas mikrotubulus yang bisa menopang epitel dan mengatur permukaan silia.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel