Perhatikan Beberapa Tips Ini untuk Menghindari Petir Ketika Sedang Hujan

25 Oct 2022 13:40 556 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perhatikan Beberapa Tips Ini Untuk Menghindari Petir Ketika Sedang Hujan

Petir adalah fenomena alam yang umumnya muncul bersamaan dengan hujan. Petir muncul sebagai akibat adanya awan yang di dalamnya mengandung muatan positif dan negatif, dimana awan-awan ini memiliki potensial cukup tinggi yang bisa menyebabkan terjadinya pembuangan muatan negatif dari awan ke bumi. Petir tetap bisa memberikan resiko kematian jika anda secara tak sengaja tersambar. Banyak ada korban yang tidak menyadari dan mengabaikan bahaya petir. Rata-rata dari mereka justru sedang melakukan aktivitas atau gerakan yang memicu tersambar petir ke arahnya. Lantas apa saja yang bisa dilakukan untuk dapat menghindari sambaran petir ? Mari simak beberapa tips berikut ini.

1/ Hindari berteduh di bawah pohon

Ketika sedang turun hujan yang sangat lebat secara tiba-tiba, biasanya beberapa orang akan berusaha mencari tempat berteduh guna melindungi diri dari terpaan air hujan. Salah satu tempat yang paling banyak menjadi pilihan adalah bernaung di bawah pohon besar yang rindang. Namun nyatanya adalah ada bahaya berteduh di bawah pohon saat hujan yang disertai dengan petir. Pohon menjadi media terbaik sebagai penyalur petir terutama untuk pohon tinggi di tengah tanah lapang adalah menjadi target utama bagi petir untuk menyambar. Apabila sedang berada di tengah hutan disarankan untuk berteduh di bawah pohon yang lebih pendek daripada sekitarnya.

2/ Matikan peralatan elektronik

Semua peralatan elektronik baik yang berada di dalam rumah atau ruangan apapun karena ini bisa memicu sambaran petir karena memiliki aliran listrik di dalamnya. Untuk itu sangat disarankan untuk segera memutus aliran listrik dan sementara waktu tidak menggunakan alat elektronik apapun apabila sedang terjadi hujan berpetir.

3/ Tidak ada salahnya mencabut kabel telepon

Mungkin beberapa dari anda masih menggunakan telepon tersambung dengan kabel di rumah. Jika memang demikian maka ada baiknya untuk tidak menggunakannya untuk sementara waktu ketika sedang hujan dengan cara cabut terlebih dahulu kabel yang menghubungkan telepon saat hujan disertai petir. Saluran atau kabel telepon mengandung bahan yang mudah menghantarkan aliran listrik dan kemungkinan besar bisa memicu terjadinya sambaran oleh petir.

4/ Hindari tempat yang banyak terdapat air

Bagi penggemar olahraga air seperti berenang sangat disarankan untuk berhenti ketika sedang terjadi hujan dan petir. Segera keluar dari kolam renang dan menjauhi tempat tersebut. Seperti diketahui bahwa air menjadi media terbaik untuk dapat mengalirkan arus listrik. Selain berenang, ada beberapa aktivitas lain yang berhubungan dengan air seperti memancing, mencuci, mandi dan lain sebagainya untuk segera berhenti sebentar atau sampai petir tidak muncul di langit.

Semoga bermanfaat

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel