Teman Tea Afternoon, Kesukaan Siapa Saja ! Inilah Resep Apple Pie Tanpa Oven

1 Nov 2022 13:24 418 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Teman Tea Afternoon, Kesukaan Siapa Saja ! Inilah Resep Apple Pie Tanpa Oven

Seperti anda membaca kumpulan resep lokal masakan Indonesia yang menggunakan label tanpa santan dan selanjutnya bahan bisa diganti dengan susu, apple pie kali ini dibuat dengan diolah tanpa oven karena bisa dilakukan melalui proses masak dengan cara digoreng sehingga memudahkan anda untuk mempraktikkan resep ini di rumah karena rata-rata orang Indonesia di rumahnya tidak memiliki oven. Pertama, anda siapkan terlebih dahulu apple compote bersama dengan kulit pie yang bisa anda buat dengan mudah. Isi kulit pie lalu lipat dan rekatkan dengan olesan telur, serta tekan-tekan ujungnya dengan garpu. Goreng hingga keemasan dan siap santap dengan toping sesuai selera.

Mari Mengenal Apple Compote

Segala macam pie buah rasanya menjadi kurang lengkap tanpa kehadiran compote sebagai elemen utama. Compote adalah buah-buahan yang dimasak dengan air, gula, garam dan rempah. Melalui resep kami kali ini menggunakan buah wajib untuk isian apple pie yaitu dari jenis granny smith (apel) yang memiliki warna hijau terang. Masak dengan brown sugar lalu padukan dengan rempah seperti kayu manis dan pala. Masaklah hingga menyusut dan kemudian kentalkan dengan mencampurnya memakai tepung maizena. Ini akan menghasilkan apple pie kaya rasa. Dimana pada dasarnya compote adalah dessert historis asal abad pertengahan di Eropa yang dibuat tersendiri dan bisa disajikan hangat atau dingin. Sekarang ini compote biasanya dipadukan dengan whipped cream atau es krim. Kue ini bisa menjadi ide bagus untuk anda coba di rumah tanpa oven. Istilah dalam Bahasa Perancis adalah a la mode atau apple pie yang disajikan dengan es krim.

Resep Apple Pie Tanpa Oven

Bahan dasar yang perlu disiapkan :

  • 1 butir telur ayam kocok lepas
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan membuat kulit pie :

  • 310 gram tepung terigu
  • 135 gram mentega tawar dingin
  • 150 ml air es
  • ½ sdt baking powder

Bahan membuat apple compote :

  • 350 ml Buavita Orange
  • 3 buah apel granny smith potong dadu 1 cm
  • 2 sdm brown sugar
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • ½ sdt pala bubuk
  • 3 sdm mentega tawar
  • 1 sdm tepung maizena larutkan dengan 2 sdm air

Cara memasaknya adalah sebagai berikut :

1/ Terlebih dahulu buat apple compote : masak Buavita Orange, brown sugar dan garam di atas api kecil hingga hampir mendidih. Masukkan potongan buah apel, kayu manis bubuk, pala bubuk dan mentega. Masak sambil diaduk-aduk hingga apel layu dan kandungan airnya menyusut. Tambahkan larutan tepung maizena lalu aduk hingga mengental. Angkat dan sisihkan hingga tidak panas.

2/ Buat kulit pie : masukkan tepung, mentega dan baking powder, aduk-aduk hingga bahan tercampur dengan merata menggunakan garpu atau pastry cutter. Tuang air es sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk-aduk hingga semua bahan menyatu. Bungkus adonan dalam plastic wrap lalu diamkan selama 25 menit dalam kulkas.

2/ Bagi adonan menjadi 2 bagian sama besar. Ambil salah satu adonan lalu gilas hingga tipis, potong menjadi 6 bagian membentuk persegi panjang.

3/ Taruh masing-masing 1 sdm apple compote ke separuh bagian potongan adonan. Olesi seluruh bagian pinggir menggunakan telur kocok.

4/ Tutup adonan yang diisi dengan apple compote menggunakan adonan yang polos atau tanpa diisi. Rekatkan pinggirannya menggunakan garpu sambil ditekan. Ulangi proses serupa terhadap sisa bahan.

5/ Panaskan minyak lalu goreng apple pie hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan lalu sajikan untuk 4 porsi. Membutuhkan waktu membuat selama 1 jam 45 menit.

Selamat mencoba.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel