Negara yang Menjadi Penghasil Kelapa Sawit Tertinggi Di Dunia Saat ini

6 Jan 2023 15:05 509 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Daftar Beberapa Negara Yang Menjadi Penghasil Kelapa Sawit Tertinggi Di Dunia

Perekonomian di dunia ini memiliki beberapa sektor yang berpengaruh terhadap tingkat kemajuannya, terutama untuk negara yang memiliki penghasilan dari memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia di wilayahnya. Maka dari itu perlu diketahui bahwa ekologi bumi dan letak geografis masing-masing negara memegang peranan besar terhadap kemajuan ekonomi dari negara bersangkutan. Meskipun kondisi ini sangat tergantung dari potensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh masing-masing negara, tidak dipungkiri bahwa antara potensi sumber daya alam, potensi sumber daya manusia dan letak geografi sangat berpengaruh terhadap perekonomian di dunia.

Terkait dengan penjelasan tersebut di atas, dalam hal ini tumbuhan merupakan kelompok tumbuhan industry yang menghasilkan minyak masak atau minyak industri serta bisa digunakan sebagai bahan bakar.

Berikut adalah beberapa negara sebagai penghasil kelapa sawit.

1/ Indonesia

Negara ini adalah negara pertama dengan menyimpan beribu kekayaan yang paling dicari oleh negara lain di bumi ini. Selain merupakan negara yang mempunyai tambang sangat besar, Indonesia juga merupakan salah satu negara sebagai penghasil kelapa sawit dengan peringkat pertama terbesar di dunia. Negara ini memiliki kebun kelapa sawit paling luas yang terletak di beberapa propinsi sehingga mempunyai produksi kelapa swait rata-rata sebesar 31,10 juta ton / tahun.

2/ Malaysia

Ini adalah negara yang menjadi perkumpulan perpaduan antara berbagai ras, suku dan agama. Dalam negara ini terdapat keragaman yang sangat menonjol hingga mancanegara. Beberapa negara menyebut negara ini sebagai negara multikulturalisme yang tampil dari beberapa tempat yang terkenal di dunia sebagai objek wisata kuliner. Memiliki 13 negara bagian dan 3 wilayah federal menjadikan negara ini menjadi salah satu pusat dari berbagai etnis. Di samping itu ternyata Malaysia juga menjadi negera terbesar kedua di dunia sebagai penghasil kelapa sawit. Mempunyai geografi yang dipisahkan oleh laut Cina Selatan, negara ini dalam setahun mampu memproduksi kelapa sawit hingga 19,2 juta ton.

3/ Thailand

Negara yang berbatasan secara langsung dengan Laos dan Myanmar ini adalah bernama Thailand dimana meskipun negara ini diapit oleh 2 negara yang tak kalah maju dalam hal perekonomian, ternyata negara ini dikenal sebagai negara ketiga terbesar di dunia sebagai negara penghasil sumber daya alam berupa tanaman kelapa sawit. Negara dengan lambang Burung Garuda ini tidak hanya sekedar menjadikan burung raksasa ini sebagai lambang negara tetapi juga berhubungan secara langsung dalam hal produksi kelapa sawit rata-rata sebesar 2,18 juta ton dalam setahun. Negara ini mampu bersaing dengan negara-negara lain yang sama-sama menghasilkan kelapa swait. Ini terjadi karena didukung oleh iklim tropis yang ramah membuat negara ini terus-menerus mempunyai penghasilan kelapa sawit yang cukup tinggi di dunia. Apalagi dengan bentang alam yang sempurna yaitu memiliki 5 bagian seperti daerah pegunungan, dataran rendah, plato, daerah perbukitan dan semenanjung yang mendukung sebagai negara dengan penghasil kelapa sawit terbesar ketiga di dunia.

4/ Kolumbia

Negara republik yang terletak di bagian barat laut Amerika Selatan ini ternyata dikenal sebagai salah satu negara penghasil kelapa sawit terbesar keempat di dunia. Ini disebabkan karena negara ini memiliki hutan yang lebat sehingga memungkinkan untuk memiliki lahan kelapa sawit yang luas. Negara yang dibentuk oleh dua lempeng yaitu lautan Pasifik dan laut Karibia ini tak kalah dengan negara-negara di sekitarnya dalam perihal kemajuan ekonomi. Iklim tropis dan isothermal menentukan pula kelangsungan hidup tumbuhan kelapa sawit yang saat ini terbukti telah memproduksi sebanyak 1,23 juta ton. Dengan adanya 33 daerah di negara ini dengan penghasilan kelapa sawit sebesar ini maka tidak menjadi problematika dalam mencukupi perekonomian dan lahan kerja.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel