Mengenal Ragam Jenis Barang Tambang Sebagai Salah Satu Sumber Daya Alam

15 Feb 2023 16:20 664 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Ragam Jenis Barang Tambang Sebagai Salah Satu Sumber Daya Alam

 

Barang tambang adalah salah satu topik menarik untuk dibicarakan sepanjang zaman. Ini disebabkan karena barang tambang merupakan sesuatu yang sangat penting dan keberadaannya dibutuhkan oleh masyarakat dalam suatu negara. Ada banyak ragam barang tambang yang dapat ditemukan di bumi, tidak hanya Indonesia yang memiliki banyak barang tambang namun negara-negara lain di dunia juga mempunyai sumber barang tambang. Barang tambang yang tersimpan dalam perut bumi anatar lain beberapa diantaranya yang kami jelaskan tersebut di bawah ini.

1/ Fosfat

Jenis barang tambagn yang pertama adalah fosfat. Fosfat merupakan barang tambang yang terbentuk dari proses penrsenyawaan pada kotoran kelelawar yang telah tercampur dengan batu kapur. Fosfat sangat dibutuhkan dalam industry pembuatan pupuk. Tambang fosfat terbesar terpusat di Jawa yaitu Jawa Barat yakni Bogor dan Pangandaran. Juga ada di Jawa Tengah diantaranya adalah Gombong, Purwokerto, Jepara dan Rembang. Terakhir adalah di Jawa Timur yaitu Bojonegoro.

2/ Emas

Emas adalah logam mulia yang menyimpan nilai yang sangat mahal. Zaman sekarang emas dijadikan sebagai lambing kekayaan terbesar melebihi uang. Emas dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk. Untuk jenis emas yang khusus digunakan dalam menyimpan kekayaan biasanya dibuat dalam bentuk batangan. Sedangkan emas yang dipakai manusia adalah diolah dalam bentuk perhiasan seperti kalung, gelang, cincin dan sebagainya. Indonesia memiliki tambang emas yang sangat besar bahkan tambang emas yang ada di wilayah Indonesia adalah tambang emas terbesar di dunia. Tambang emas paling populer di sini adalah yang terdapat di Papua yaitu dikelola oleh PT. Freeport Indonesia.

3/ Perak

Jenis tambang yang ketiga adalah perak. Perak merupakan saudara dekat dari emas yaitu sama-sama sebagai logam mulia. Perak seringkali disebut sebagai emas putih. Perak memiliki warna putih cemerlang, lain dengan emas yang berwarna kuning. Namun keduanya memiliki persamaan yaitu sama-sama berkilau. Apabila emas sering difungsikan sebagai lambing kekayaan yang berwujud batangan, namun ini tidak berlaku pada perak. Perak sering dimanfaatkan sebagai bahan baku membuat perhiasan. Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan tambang perak dimana beberapa tambang perak yang ada di Indonesia antara lain di Bengkalis (Sumatera), Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, Cikotok di Jawa Barat, Meuleaboh di Aceh dan Rejang Lebong di Bengkulu.

4/ Platina

Platina adalah salah satu jenis logam yang memiliki ciri berwarna putih keperakan hingga abu-abu kehitaman, mudah ditempa, tidak mudah berkarat, bisa direnggangkan dan sukar dicairkan. Platina terbentuk sebagai akibat konsentrasi magma pada batuan beku basa. Platina banyak digunakan untuk bahan dasar membuat perhiasan, alat-alat kedoketran dan juga alat komunikasi. Tambang platina di Indonesia adalah di Bengkalis, Riau dan Martapura.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel