Pengaruh Aktivitas Manusia Terhadap Keragaman Hayati di Alam Semesta

21 Nov 2022 17:20 642 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pengaruh Aktivitas Manusia Terhadap Keragaman Hayati Di Alam Semesta

Alam semesta beserta segala isinya adalah dalam aneka ragam jenis yang memiliki fungsi tersendiri sesuai dengan jenisnya. Adapun keanekaragaman hayati ini dapat hidup dengan makmur karena adanya campur tangan manusia, namun juga banyak yang rusak sebagai akibat aktivitas manusia juga. Ragam kegiatan manusia ini memang memiliki peranan yang sangat penting bagi kondisi keanekaragaman hayati. Adapun beberapa pengaruh kegiatan manusia terhadap keanekaragaman hayati antara lain sebagai berikut di bawah ini.

Memberikan Dampak Positif

Dampak positif yang muncul dari aktivitas manusia yang menyangkut keanekaragaman hayati adalah meningkatnya keanekaragaman hayati itu sendiri. Keanekaragaman hayati dapat meningkat jika manusia melakukan aktivitas yang sifatnya mendukung keberadaan keanekargaman hayati tersebut. Adapun beberapa aktivitas manusia yang bisa meningkatkan keanekargaman hayati antara lain adalah sebagai berikut :

1/ Melakukan penghijauan

Kegiatan pertama yang membantu peningkatan keanekaragaman hayati adalah penghijauan. Maksud dari penghijauan adalah menanam pepohonan di area-area yang belum banyak ada pepohonan tetapi memiliki kondisi tanah yang subur dan tempat strategis. Tentu saja ini sangat bersifat positif karena anda semua mengetahui bahwa pepohonan bermanfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari. Pepohonan bisa menjadi rumah-rumah bagi binatang, juga berfungsi sebagai penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bernafas sehat. Sehingga dapat diketahui bahwasanya pepohonan akan sangat bermanfaat jika keberadaannya tepat di tempat-tempat yang masih kurang tanaman. Beberapa tempat yang sangat cocok untuk dilakukan penghijauan adalah menjaga kelestarian alam desa yang umumnya banyak ditemukan pepohonan liar biarkan tumbuh subur dan berkembang, membuat taman kota atau pinggir jalan raya dimana banyak mobil berlalu lalang. Karena memiliki banyak manfaat maka tidak mengherankan apabila kegiatan penghijauan sangat sering dijadikan sebagai kegiatan sosial kelompok maupun kemasyarakatan.

2/ Membuat taman kota

Kagiatan kedua yang dapat dilakukan guna meningkatkan keanekaragamn hayati adalah pembuatan taman kota. Taman kota dalam hal ini merupakan jantung kota yang memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup masyarakat perkotaan. Ini disebabkan karena taman kota adalah tempat yang sangat berpotensi untuk perkembangan pertumbuhan pepohonan hijau jika dibandingkan dengan keadaan kota yang umumnya dipagari dengan serba bangunan gedung-gedung dan gedung bertingkat. Inilah yang membuat taman kota menjadi salah satu tempat yang sangat strategis dan berpotensial. Taman kota akan menjadi tempat bernaungnya binatang-binatang dan juga tumbuhan berbagai jenis. Kondisi ini akan menjadikan taman kota sebagai tempat yang sangat penting sebagai tempat hiburan maupun tempat konservasi.

 

Dampak Negatif Kegiatan Manusia

Setelah kita mengetahui mengenai apa saja dampak positif yang dapat terjadi karena aktivitas manusia, selanjutnya kita juga perlu mengetahui apa saja dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh kegiatan manusia terhadap keanekaragaman hayati ini, mengingat dampak negatif yang dapat terjadi jumlahnya juga tidak sedikit. adapun beberapa dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari adanya aktivitas manusia antara lain adalah sebagai berikut:1

1/ Turunnya keanekaragaman hayati

Akibat kegiatan yang dilakukan oleh manusia, sangat memungkinkan jumlah keankeragaman hayati akan menurun baik itu terhadap binatang maupun tumbuhan. Hingga saat ini anda bisa menjumpai ada beberapa hewan dan tumbuhan yang sudah langka bahkan terancam punah. Bahkan sudah ditemukan beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang punah dan anda tidak bisa menemukannya lagi di alam semesta ini. Apabila hal seperti ini dibiarkan begitu saja dan dianggap masalah sepele maka anak cucu anda di masa depan tidak akan pernah mengetahui adanya tumbuhan dan binatang yang punah tersebut.

2/ Adanya perusakan habitat

Aktivitas kedua yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi keanekaragaman hayati adalah perusakan habitat. Ini biasanya dilakukan di daerah yang banyak ada hutan besar seperti di Pulau Kalimantan. Hutan menyimpan banyak sekali sumber daya alam yang sangat berharga dimana biasanya hutan adalah sebagai tempat tinggal berbagai macam binatang dan tumbuhan. Oleh karena itu merupakan tindak kejahatan apabila hutan sengaja telah dirusak, apalagi jika sampai memusnahkan binatang dan tumbuhan di dalam hutan bersangkutan.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel