Tips Ngopi yang Nikmat Tetapi Sehat

28 Oct 2022 19:00 777 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Tips Ngopi Yang Nikmat Tetapi Sehat

Minum kopi dalam jumlah berlebihan bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan. Namun jangan terlalu kuatir sehingga takut minum minuman yang mengandung kafein. Anda bisa membuat kebiasaan ngopi menjadi lebih sehat dengan cara seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini.

1/ Membuat pola tidur yang baik

Kopi yang diminum sesekali bisa dimanfaatkan sebagai pilihan untuk menahan rasa ngantuk. Namun janganlah terlalu bergantung kepada kopi, sebaiknya atur pola tidur yang normal tentunya akan jauh lebih baik dimana kurang tidur bisa meningkatkan hormon stres dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

2/ Gunakan pemanis organik

Mulailah alihkan pemakaian sirup atau krimer sebagai pemanis kopi dengan memanfaatkan susu atau krim organik / gula merah organik sebagai pemanis pada kopi anda.

3/ Tambahkan kayu manis

Menurut beberapa studi menjelaskan bahwa kayu manis terbukti bermanfaat untuk menurunkan gula darah, menambah antioksidan dan mempunyai sifat antibakteri dan antiinflamasi. Kayu manis juga dapat menambah rasa manis pada kopi tanpa harus menambah kalori.

4/ Selalu gunakan kertas filter

Menurut pendapat ahli gizi, Jill Weisenberger menjelaskan bahwa menyaring kopi menggunakan kertas filter daur ulang bisa berfungsi menghilangkan dua senyawa dalam kopi yaitu cafestol dan kahweol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol total di dalam tubuh. Sebaiknya gabungkan dua kopi single origin bisa menjadi harga produk lebih murah dibandingkan hanya memakai satu kopi single origin saja.

5/ Pakai air yang sudah disaring

Air yang sudah disaring berfungsi untuk menghilangkan logam berat yang bisa membahayakan tubuh jika diminum secara berlebihan untuk jangka panjang.

6/ Jangan hanya mengkonsumsi kopi untuk sarapan

Beberapa orang suka menggunakan kopi sebagai pengganti makanan saat sarapan karena dianggap lebih praktis. Meskipun sifat stimulant pada kopi dapat menekan nafsu makan namun perlu diingat ini sifatnya hanya sementara saja. Tubuh anda tentu tetap membutuhkan makanan bergizi dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel