Menikmati Hasil Karya Maha Seni Michelangelo Melalui Patung Unik

1 Nov 2022 17:25 571 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Menikmati Hasil Karya Maha Seni Michelangelo Melalui Patung Unik

Patung adalah cabang kesenian yang dibuat dengan cara dipahat, modeling atau kasting yang menghasilkan wujud berupa tiga dimensi. Dimana diketahui bahwa seni memahat sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun lalu atau dimulai sejak masa prasejarah. Salah satu pemahat yang paling tersohor namanya hingga ke seluruh dunia adalah Michelangelo. Beliau adalah seorang seniman yaitu pelukis, pemahat, arsitek dan pujangga yang Berjaya di masa renaisans. Beliau lahir pada tanggal 6 Maret 1475 di Caprese, Italia dengan nama asli Michelangelo tepatnya di daerah Lodovico Buonarroti Simoni. Banyak para ahli yang beranggapan bahwa Michelangelo adalah satu-satunya orang yang sukses di dalam dunia seni pada dua cabang sekaligus yaitu seni lukis dan seni patung. Berikut adalah beberapa contoh seni pahatan atau patung mahakarya peninggalan Michelangelo.

1/ Patung David 

Patung David adalah salah satu patung buatan Michelangelo yang sangat terkenal di dunia merupakan mahakarya masa Renaisans. Patung ini dibuat pada tahun 1501 sampai dengan 1504 dengan menggunakan bahan marmer setinggi 5,17 m x 1,99 m. David adalah salah satu tokoh nabi yang tercantum dalam Alkitab dan banyak dijadikan sebagai objek kesenian pada masa ini. David melalui sudut pandang Michelangelo digambarkan dalam bentuk patung yang diambil sebelum dimulainya pertempuran Goliath. Maka dari itu raut wajahnya terlihat tegang yang memperlihatkan urat-urat menonjol terutama di bagian leher. Patung ini dibuat karena Michelangelo mendapatkan perintah untuk membuat patung nabi yang akan diletakkan di Katedral Florence. Sejak tahun 1873 hingga saat ini patung ini berdiri dengan gagah di Galleria dell’Accademia, Florence, Italia.

2/ Patung Bacchus 

Patung Bacchus adalah patung yang kedua sebagai hasil karya pahatan Michelangelo selanjutnya yang menggunakan bahan dasar marmer dipahat antara tahun 1496 sampai dengan 1497. Sosok Bacchus merupakan nama lain yang diberikan kepada Dewa Dionysus yaitu dewa paling agung di Bumi menurut mitologi orang Yunani dan Roma. Sosok dewa ini digambarkan sedang berdiri yang pada saat itu menjadi pose khas patung-patung yang dibuat pada masa Renaisans dengan tangan memegang cangkir berisi anggur. Sepasang mata menggulung dan mulut agak terbuka yang mengartikan bahwa dirinya sedang mabuk. Pendapat lain menjelaskan bahwa posisi menatap cawan anggur adalah lukisan bahwa dirinya sedang jatuh cinta pada karyanya sendiri. Patung ini pada awalnya diletakkan di rumah seorang bankir kaya raya bernama Jacopo Galli tetapi sejak tahun 1871 patung ini menjadi miliki Museo Nazionale del Bargello di Florence.

3/ Patung Madonna of Bruges

Patung yang keempat adalah dijuluki dengan nama Patung Madonna of Bruges merupakan karya seni Michelangelo yang berasal dari Maria dan anaknya. Sosok perawan Maria dan Yesus Kristus digambarkan berbeda dari biasanya. Keduanya tidak saling memandang atau tersenyum melainkan posisi Yesus dalam patung ini berdiri tegak dan hanya ditopang oleh Maria dengan menggunakan tangan kirinya. Beberapa pendapat mengatakan bahwa posisi ini mengisahkan tentang Yesus yang akan pergi menjauhi ibunya untuk suatu keperluan dan hal ini sudah diketahui oleh Maria. Patung ini dibuat setinggi 2 m yang akhirnya dibeli oleh saudagar ikan bernama Giovanni dan Alessandro Moscheroni. Namun karena beberapa peristiwa seperti adanya peperangan menyebabkan patung ini keberadaannya berpindah-pindah tangan dan saat ini berada di Gereja Our Lady, Bruges di Belgium.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel