Daftar Beberapa Negara Di Dunia dengan Luas Terkecil

10 Jan 2023 12:52 679 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Daftar Beberapa Negara Di Dunia Dengan Luas Terkecil

Negara adalah diidentikkan dengan wilayah yang luas namun tahukah anda bahwa beberapa negara di dunia ini memiliki wilayah yang sangat sempit ? Tidak seperti hidup di Indonesia, salah satu provinsi yang dimiliki seperti D.I. Yogyakarta tergolong sebagai provinsi yang kecil daripada yang lainnya, namun ternyata ada wilayah negara yang luasnya lebih keci dari Yogyakarta. Nah melalui artikel kami kali ini akan membahas mengenai negara yang memiliki wilayah paling sempit atau yang disebut sebagai negara terkecil di dunia. Negara-negara yang dimaksudkan adalah sebagai berikut yang berada di seluruh penjuru dunia.

Beberapa Negara Terkecil Di Dunia

1/ Vatikan

Negara paling kecil di dunia yang pertama adalah Vatikan. Negara ini merupakan salah satu negara yang terkenal di dunia karena kesuciannya. Vatikan adalah negara suci bagi umat Katholik sedunia. Jika anda suka melihat upacara Natal di TV yang biasanya disiarkan secara langsung dari Vatikan maka anda bisa menyaksikan betapa kecilnya Vatikan di dunia karena memiliki luas wilayah sangat kecil yaitu tidak ada 1 km persegi. Berikut ini merupakan informasi singkat mengenai Vatikan.

Ibukota : Vatican City

Total luas wilayah : sekitar 0,44 km²

Jumlah penduduk : 842 jiwa

Lokasi : Benua Eropa

Negara Vatikan berlokasi di Italia yaitu berada di sebelah barat laut Kota Roma. Di sini anda bisa menemukan sebuah keunikan yang hanya ada di sini saja yaitu negara ini berbentuk ecclesiasticall atau gerejawi. Karena bentuk negara yang bersifat gerejawi maka pemimpin negara ini adalah seorang Uskup Roma yaitu Paus. Vatikan merupakan salah satu negara yang melindungi Basilika St. Peter merupakan pusat rohani bagi umat Katholik Roma di seluruh dunia, jumlahnya hingga saat ini mencapai lebih dari 1 milyar jiwa. Sumber utama pemasukan masyarakat di sini salah satunya adalah dari penjualan perangko dan souvenir khas Vatikan, tiket masuk museum dan penjualan buku atau barang publikasi lainnya. Penduduk di negara ini sebagian besar bukanlah penduduk yang permanen.

2/ Tuvalu

Negara terkecil di dunia yang kedua adalah Tuvalu. Tuvalu merupakan salah satu negara paling kecil di dunia yang masih satu lokasi dengan Negara Nauru. Berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai Tuvalu.

Ibukota : Funafuti

Total luas wilayah : 26 km²

Jumlah penduduk : 10.869 jiwa

Lokasi : Oceania

Tuvalu pada zaman dahulu dikenal dengan nama Ellice Island. Tuvalu adalah salah satu bagian dari Negara Polinesia yang lokasinya berada di Samudera Pasifik. Negara ini terletak di antara Pulau Hawaii dengan Australia. Negara ini juga berdekatan dengan negara-negara Polinesia lainnya seperti Fiji, Kiribati, Samoa dan Nauru. Titik tertinggi di negara ini hanya lima meter di atas permukaan air laut.

3/ Liechtenstein

Selanjutnya adalah negara terkecil yang bernama Liechtenstein memiliki luas tidak seberapa besar di dunia. Beberapa informasi mengenai negara ini antara lain sebagai berikut.

Ibukota : Vaduz

Total luas wilayah : 160 km²

Jumlah penduduk : 37.625 jiwa

Lokasi : Benua Eropa

Liechtenstein merupakan sebuah negara kecil yang lokasinya sangat strategis yaitu di area perbukitan. Negara ini berbentuk kerajaan yang terletak di antara Swiss dan Austria. Liechtenstein adalah satu dari dua negara yang terkurung di daratan yang merupakan negara lain. Bertetangga dengan Uzbekistan. Meskipun memiliki wilayah yang sangat kecil, namun negara ini merupakan negara kaya dengan penduduk di dalamnya rata-rata makmur. Penghasilan utama penduduk di negara ini adalah sektor jasa perbankkan selain sektor pariwisata sebagai sektor utama. Menurut CIA World Factbook, jumlah PDB atau product domestic bruto per orang tertinggi dimiliki oleh penduduk negara ini. Liechtenstein sangat terkenal sebagai surga pariwisata internasional di Eropa.

Semoga bermanfaat

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel