Aplikasi Edit Foto di PC

30 Sep 2022 15:35 724 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Photoshop adalah aplikasi editing yang populer digunakan

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Editor adalah pekerjaan yang sering dijumpai pada jaman modern ini. Pekerjaan mereka dimulai dari edit foto, video, sampai desain grafis. Aplikasi yang mereka gunakan pun cukup beragam dimulai dari premier pro untuk editing video, hingga photoshop untuk edit foto dan desain grafis. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satu aplikasi tersebut yaitu Adobe Photoshop. Beberapa dari kalian mungkin belum tahu aplikasi editing yang satu ini, jangan khawatir karena kita akan membahasnya dengan tuntas.

PENGERTIAN

Adobe Photoshop atau yang sering disebut dengan photoshop adalah sebuah software editing yang dibuat dan dikembangkan oleh Adobe. Photoshop dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Photoshop adalah editor foto/gambar berjenis raster yang dapat berjalan pada sistem operasi Windows dan MacOS. Sayangnya untuk pengguna Linux, kalian harus menggunakan virtual machine untuk menjalankan aplikasi Photoshop.

SEJARAH

Photoshop dikembangkan pada tahun 1987 oleh Thomas Knoll dan John Knoll bersaudara dari Amerika Serikat. Mereka menjual distribusi lisensinya ke Adobe Systems Incorporated pada tahun 1988. Photoshop 1.0 dirilis untuk pertama kali pada 19 Februari 1990 khusus untuk OS Macintosh atau MacOS. Harga Photoshop pada waktu perilisan adalah $895. Pada tahun 1993, kepala arsitek Adobe Seetharaman Narayanan memporting Photoshop ke Microsoft Windows. Port Windows menyebabkan Photoshop menjangkau audiens pasar massal yang lebih luas karena jangkauan global Microsoft diperluas dalam beberapa tahun ke depan. Pada tanggal 31 Maret 1995, Adobe membeli hak untuk Photoshop dari Thomas dan John Knoll seharga $ 34,5 juta sehingga Adobe tidak perlu lagi membayar royalti untuk setiap salinan yang terjual.

FORMAT FILE

Format file Photoshop secara default adalah PSD atau Photoshop Document. File PSD menyimpan gambar dengan dukungan untuk semua fitur Photoshop, ini termasuk lapisan dengan masks, transparency, text, alpha channels dan spot colors, clipping paths, dan duotone. Ini berbeda dengan banyak format file lainnya seperti JPG atau GIF yang membatasi konten untuk menyediakan fungsionalitas yang efisien dan dapat diprediksi. File PSD memiliki tinggi dan lebar maksimum 30.000 piksel, dan batas panjang dua gigabyte.

Sejak awal, Photoshop dapat menyimpan file dalam format lain, termasuk TIF, JPEG, dan GIF. File-file ini lebih kecil dari file PSD karena tidak memiliki fitur yang dapat diedit dari file PSD. Format ini diperlukan untuk menggunakan file dalam publikasi atau di web.

TOOLS

  • Move Tool

Sesuai namanya, tool ini digunakan untuk memindahkan sebuah objek maupun layer dari satu layer ke layer yang lain.

  • Rectangular Marquee Tool

Tool ini digunakan untuk melakukan seleksi objek dalam bentuk kotak.

  • Elips Marquee Tool

Tool ini digunakan untuk melakukan seleksi objek dalam bentuk lingkaran.

  • Lasso Tool

Lasso tool digunakan untuk melakukan seleksi objek sesuai pergerakan mouse.

  • Cropping Tool

Cropping tool, sesuai namanya digunakan untuk memilih area tertentu dari suatu gambar dan membuang bagian luar dari bagian yang dipilih.

  • Slicing Tool

Bekerja mirip dengan crop tool, slicing tool digunakan untuk mengisolasi bagian tertentu dari sebuah gambar. Slice pun dapat digunakan untuk membagi gambar menjadi beberapa bagian.

  • Eraser

Eraser adalah tool yang dapat menghapus konten berdasarkan layer yang aktif.

  • Magic Wand

Magic Wand adalah tool yang dapat digunakan untuk melakukan seleksi sebuah objek dengan warna yang sama.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel