Fakta yang Berhubungan dengan Degradasi Hutan

3 Oct 2022 14:55 619 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fakta Yang Berhubungan Dengan Degradasi Hutan

Pengertian dari degradasi hutan adalah kondisi dimana menurunnya kualitas dari fungsi hutan itu sendiri. Jika terjadi dalam kurun waktu yang lama maka bukan tidak mungkin hutan akan hilang dan musnah di masa depan.

Pemicu Degradasi Hutan

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya degradasi hutan, antara lain sebagai berikut :

1/ Penyakit

Ditemukan beberapa hutan yang tidak selamanya dalam kondisi sehat, ada kalanya hutan-hutan tersebut mengalami sakit teruatam menyerang tumbuhan atau pohon-pohon tertentu yang berada di dalam hutan. Penyakit yang menyerang sebuah pohon ada kemungkinan bisa juga menyerang pohon lain di dekatnya. Jika dibiarkan maka kemungkinan besar penyakit ini akan menyebar hingga membuat sebuah hutan rusak hingga akhirnya hilang.

 

2/ Polusi udara dan tanah

Degradasi hutan bisa disebabkan oleh polusi udara akibat adanya gas-gas beracun dan berbahaya di atmosfer. Gas berbahaya tersebut akan turun lalu jatuh di area hutan dalam bentuk hujan asam yang tentu bisa merusak flora dan fauna di dalam hutan itu sendiri. Hujan asam jatuh pada daun bisa merusak daun sehingga berpengaruh pada fungsi daun untuk melakukan proses fotosintesis menjadi berkurang. Bahkan hujan asam juga bisa mengubah tingkat keasaman pada sistem air yang ada di hutan.

 

3/ Fragmentasi dan deforestasi hutan

Fragmentasi dan deforestasi hutan menjadi pemicu terjadinya degradasi hutan. Ini disebabkan karena adanya kegiatan penebangan hutan tanpa melakukan penanaman kembali pohon atau melakukan reboisasi dalam jangka waktu panjang sehingga nantinya hutan bisa tidak berfungsi dengan baik.

 

Degradasi Hutan Dan Dampaknya

1/ Adanya degradasi hutan akan memberikan dampak yang merugikan bagi lingkungan sekitar. Muali dari fungsi hutan yang menurun hingga tidak mampu menjaga konservasi tanah dan air. Jika dibiarkan begitu saja maka banjir bandang ketika musim hujan tidak dapat dihindari.

2/ Daerah resapan air hujan bisa mengalami penurunan. Sehingga pada saat musim kemarau tiba, banyak daerah mengalami kekeringan bahkan sumber mata air juga bisa kering.

3/ Flora dan fauna yang menjadikan hutan sebagai tempat tinggal akan mengalami kepunahan sebagai akibat sumber makanan dan tempat tinggal yang hilang atau rusak.

 

Degradasi Hutan Beserta Contohnya

Contoh adanya degradasi hutan adalah melakukan penebangan liar tanpa melakukan penanaman kembali. Tidak sedikit terjadi penebangan pohon yang dilakukan secara illegal terutama pada hutan-hutan primer. Pembakaran hutan yang disengaja untuk mempercepat proses pembersihan lahan sehingga bisa segera dibuka menjadi lahan baru juga menjadi contoh degradasi hutan. Pembakaran hutan ini bisa memusnahkan flora dan fauna yang tinggal di dalam hutan bersangkutan.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel