Kapan Minum Kopi Terbaik untuk Tubuh

30 Sep 2022 16:35 280 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kapan Minum Kopi Terbaik Untuk Tubuh 

Tidak hanya memberikan kenikmatan, minum kopi pahit ternyata menyumbangkan banyak kegunaan bagi tubuh jika minum sesuai anjuran dan pada waktu tepat. Tahukah anda bahwa ada 2 penyakit berbahaya bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi minuman kopi sesuai aturannya ?

 

1/ Bisa untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2

Menurut penelitian kesehatan menjelaskan bahwa kopi mengandung zat yang bernama cafestol yang mampu mendorong produksi insulin di dalam tubuh. Insulin adalah hormon yang berfungsi mengatur kadar gula darah di dalam tubuh. Dengan bantuan hormon tersebut maka tubuh memiliki kemampuan mengubah glukosa menjadi energi atau menyimpan glukosa yang berlebih dalam bentuk cadangan energi.

 

2/ Bisa untuk menangkal radikal bebas

Seperti minuman teh jasmine / teh bunga melati, kopi kaya akan kandungan antioksidan. Senyawa ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas dari sinar matahari, asap rokok, radiasi, polusi dan lain sebagainya. Tentu saja radikal bebas bisa berbahaya bagi tubuh jika tidak ditangkal. Ini bisa menyebabkan penuaan dini, dimana diketahui bahwa senyawa ini bisa menyebabkan kanker. Mengkonsumsi makanan atau minuman kaya antioksidan bisa menjadi salah satu cara termudah untuk mencegahnya. Tetapi tetap saja harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga, menggunakan sunblock atau sunscreen ketika beraktivitas di luar rumah dan lain sebagainya.

 

Waktu Tepat Untuk Minum Kopi

Kapankah waktu terbaik untuk minum kopi ? Jawabannya adalah sesuai dengan gaya hidup anda. Jika bingung maka silahkan menyimak penjelasan yang kami berikan tersebut di bawah ini.

1/ Dua jam setelah bangun tidur

Bagi sekelompok orang, morning coffee adalah kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. Maka dari itu ada banyak orang yang menganggap waktu terbaik minum kopi adalah setelah bangun tidur padahal hal ini tidak dianjurkan sama sekali. Meskipun memang pada waktu pagi hari godaan minum secangkir kopi sedang kuat-kuatnya ternyata waktu terbaik adalah dua jam setelah bangun tidur. Ini dikarenakan kadar hormon kortisol dalam tubuh sedang memuncak saat bangun tidur dimana hormon ini berfungsi untuk mengatur metabolisme karbohidrat, lemak dan protein guna memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh. Jika ngopi adalah hal pertama yang anda lakukan saat pagi hari maka tubuh anda memproduksi kortisol lebih sedikit dan anda jadi bergantung pada kafein untuk mendorong kebutuhan energi. Ini bisa saja untuk menjelaskan mengapa beberapa orang dengan rutinitas morning coffe merasa lesu di pagi hari jika belum ngopi.

Minum kopi yang mempunyai manfaat baik malah bisa membuat anda kecanduan. Karena itu jika anda biasa bangun pagi, waktu terbaik minum kopi kira-kira pada pukul 09.00-10.00 saat hormon kortisol menurun. Apabila anda biasa bangun siang, paling tidak beri jeda sekitar dua jam setelah bangun tidur.

 

2/ Dua jam setelah makan siang

Waktu terbaik minum kopi yang kedua adalah sesaat setelah makan siang, karena biasanya setelah makan siang orang-orang akan mulai merasa kenyang lalu bisa mengantuk dan sulit fokus. Karena itu, mengkonsumsi kopi pada waktu ini membantu pikiran menjadi fokus. Hal yang perlu anda perhatikan adalah jeda. Hindari meminum kopi bersamaan atau segera setelah makan siang. Cobalah beri jarak sekitar 1 atau 2 jam. Sehingga penyerapan makanan dalam tubuh menjadi lebih maksimal. Ngopi segera bisa mengganggu penyerapan makanan atau saat makan justru berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh.

Menurut penelitian, kombinasi lemak dan kafein secara drastis akan meningkatkan gula darah hingga dua kali lipat. Efek ini jika terjadi terus-menerus bisa memicu diabetes. Salah satu manfaat minum kopi adalah untuk mencegah penyakit diabetes. Karenanya cobalah untuk minum kopi di waktu terbaik tersebut di atas agar zat yang tadinya menyehatkan tubuh tidak berubah menjadi racun bagi tubuh.

 

3/ Enam jam sebelum tidur

Zat paling banyak ada dalam secangkir kopi adalah kafein. Zat ini mampu memberikan lonjakan energi dengan cara membakar lemak dari darah sehingga anda bisa bersemangat meskipun otak sudah merasa lelah. Banyak orang menganggap waktu terbaik minum kopi adalah saat begadang, padahal ini bisa mengganggu kualitas tidur jika anda adalah orang yang sensitif terhadap kafein. Apalagi kalau anda sudah mempunyai gangguan insomnia atau susah tidur sebelumnya.

Efek kafein dari kopi akan bertahan cukup lama di tubuh yang tergantung pada ketahanan, berat badan dan usia tiap orang, dimana kebanyakan ahli gizi sepakat bahwa sebaiknya anda tidak mengkonsumsi kafein kurang dari enam jam sebelum tidur. Sesuaikanlah waktu minum dengan waktu tidur anda.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 56
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel