Sudah Pernah Coba Minum Kopi Klotok? Rasa Café, Harga Merakyat!

26 Sep 2022 10:13 412 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Sudah Pernah Coba Minum Kopi Klotok ? Rasa Café, Harga Merakyat !

Dari mendengar namanya yang unik pastilah anda akan menebak kalau ini bukanlah jenis minuman kopi kelas internasional. Adalah kopi klotok merupakan salah satu jenis minuman kopi tradisional legendaris dari Indonesia yang banyak diminati oleh orang. Tak Cuma laki-laki, perempuan, tua dan muda gemar memesan segelas kopi ini ketika mampir di warung makan tradisional.

Kopi klotok terkenal memiliki cita rasa pahit yang khas tetapi dijual dengan harga yang bersahabat yaitu segelas kopi klotok diberi harga hanya Rp.5000 saja. Sudah murah, ditemuinya pun mudah. Pada umumnya minuman ini dijajakan di pinggir-pinggir jalan, angkringan atau kedai khusus kopi klotok dengan dilengkapi rokok dan pisang atau ubi goreng. Yang membuat minuman ini unik sehingga banyak yang suka adalah biasanya sebuah kopi akan menjadi lebih populer bila dikemas dalam unsur modern atau kemewahan tetapi jenis minuman ini malah sebaliknya yaitu dihidangkan dengan cara yang sangat sederhana penuh dengan unsur tradisional namun justru di sinilah yang membuat peminatnya semakin banyak. Ini sudah terbukti di warung-warung kopi klotok terkenal laris manis menjual kopi, rokok dan gorengan di beberapa kota di Pulau Jawa yang mengingatkan mereka akan suasana asri di desa dibandingkan dengan suasana modern kekinian dari café-café kopi yang banyak buka di kota.

Mengetahui Proses Pembuatan Kopi Klotok

Dijuluki dengan nama kopi klotok karena pada waktu merebusnya kopi ini mengeluarkan suara klotok-klotok. Suara ini datangnya dari peralatan yang digunakan untuk membuat minuman ini

Karena ini adalah termasuk ke dalam salah satu minuman tradisional maka anda tidak memerlukan coffee machine yang harganya mahal untuk mendapatkan segelas kopi klotok. Cukup menyiapkan panci dan gelas saja lalu laluilah proses pembuatannya yang sangat mudah. Pertama-tama masukkan kopi dan air bersih secukupnya ke dalam panci ukuran sedang, bisa menggunakan kopi arabika atau kopi robusta, sesuaikan dengan selera anda. Sebaiknya kopi digiling fine dulu (tidak terlalu lembut). Lanjut dengan merebus campuran ini hingga mendidih. Jika menggunakan panci besi atau stainless steel maka mendekati air mendidih akan terdengar suara klotok-klotok dari dalam panci. Bila ingin menyeruput kopi klotok lebih terasa nikmat, anda bisa memberikan tanbahan seperti jahe bakar, gula, susu kental atau rum. Bila anda adalah wanita yang sedang menyusui bayi, sebaiknya hindari menambahkan rum ke dalam larutan kopi yang dibuat. Bahan-bahan pelezat ini dmasukkan saat kopi mulai dimasak yaitu ketika memasukkan air ke dalam panci lalu aduk-aduk dengan menggunakan api kecil. Kalau ingin mencicipi segelas kopi klotok rasa otentik maka silahkan mengunjungi beberapa daerah wisata di Yogyakarta, Jawa Tengah atau Jawa Timur yang merupakan pusat ditemukan warung-warung makan tradisional yang menyuguhkan minuman ini sebagai menu andalan daerah mereka yang unik.

Selamat mencicipi.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 56
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel