Upaya Yang Dilakukan Pemerintah Guna Melestarikan Hutan Mangrove Di Indonesia

17 Oct 2022 10:22 358 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Upaya Yang Dilakukan Pemerintah Guna Melestarikan Hutan Mangrove Di Indonesia

Dikenal beberapa jenis hutan mangrove yang dengan mudah anda temukan berdasarkan lingkungan dan jenis tumbuhan di dalamnya. Hutan kawasan mangrove kini tidak hanya terpaku pada kawasan hutan konservasi saja melainkan sudah berfungsi sebagai lahan wisata yang pelan-pelan tapi pasti mulai diperkenalkan kepada masayarakat luas. Meskipun kawasan hutan mangrove merupakan salah satu kawasan yang sangat penting namun tak bisa dipungkiri bahwa kawasan hutan yang satu ini sering menghadapi berbagai macam masalah. Maka dari itu pemerintah setempat berupaya melakukan beberapa tindakan guna melestarikan keberadaan hutan mangrove di Indonesia.

 

1/ Memberikan edukasi masyarakat tentang mangrove

Dalam hal ini manusia adalah salah satu faktor terpenting dalam upaya melestarikan hutan mangrove. Karena tanpa adanya campur tangan manusia, maka upaya pelestarian tidak akan pernah berhasil. Yang terpenting dilakukan adalah dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat sekitar mengenai hutan mangrove yaitu jelaskan tentang berbagai macam fungsi dan manfaat yang dimiliki oleh hutan ini. Pada saat pengetahuan masyarakat bertambah, maka kesadaran upaya untuk melestarikan hutan akan tumbuh.

 

2/ Memperluas kawasan hutan mangrove

Persebaran hutan mangrove di Indonesia sangat luas. Namun saat ini beberapa kawasan kalah dengan perkembangan manusia yang semakin membesar. Banyak kawasan pantai seharusnya menyimpan potensi besar untuk menjadi kawasan hutan mangrove harus mengalah dan lama-kelamaan menghilang. Tentu saja kondisi ini harus dicegah, caranya adalah dengan memperluas kawasan hutan mangrove itu sendiri. Perluasan kawasan hutan mangrove bisa dilakukan dengan cara memperbaiki tata kelola dari kawasan pesisir yang ada. Fungsi hutan mangrove dan manfaat hutan mangrove akan lebih terasa ketika kawasan hutan mangrove dibutuhkan.

 

3/ Melakukan upaya penanaman ulang

Seperti diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai kawasan hutan sangat luas dan lebat juga di dalamnya ada berbagai macam jenis hutan. Salah satunya adalah hutan mangrove yang keberadaannya sangat penting untuk keseimbangan alam semesta sehingga perlu dilindungi. Salah satu upaya pelestarian hutan mangrove yang bisa dilakukan adalah melaksanakan upaya penanaman ulang. Dengan menanami beberapa daerah di sekitar pantai yang mempunyai peluang besar terancam kerusakan dimana dalam hal ini dibutuhkan peran serta dan campur tangan manusia menjadi hal yang sangat penting. Manusia adalah menjadi faktor utama yang akan berhadapan secara langsung dengan berbagai kerusakan kawasan hutan mangrove. Upaya penanaman ulang ini akan memungkinkan untuk menjaga dan melestarikan kawasan ini.

4/ Restorasi kawasan hutan mangrove

Upaya yang terakhir bisa dikatakan hampir mirip dengan upaya penanaman. Tetapi terdapat hal yang membedakan antara keduanya. Salah satu faktor pembeda yang dimaksudkan adalah adanya campur tangan manusia. Dalam upaya restorasi campur tangan manusia sebenarnya memegang peranan yang sangat minim, karena semuanya akan bergantung pada kemampuan alam dan lingkungan guna bisa mengembalikan kondisi yang buruk, meskipun membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Inipun harus dengan kondisi khusus yang bisa mendukung upaya restorasi bersangkutan.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel