Persebaran Hutan Produksi dengan Ragam Tanaman Didalamnya

30 Sep 2022 19:40 608 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Persebaran Hutan Produksi Dengan Ragam Tanaman Di Dalamnya

Hampir sebagian besar hutan-hutan di Indonesia termasuk ke dalam jenis hutan heterogen. Artinya adalah di dalam area hutan tersebut tumbuh lebih dari satu jenis pohon. Hingga saat ini persebaran hutan di Indonesia masih cukup luas yaitu membentang hampir di seluruh pulau di Indonesia memiliki hutan. Tetapi jenis hutan yang mendominasi adalah hutan produksi merupakan salah satu jenis hutan yang wilayahnya paling luas jika dibandingkan dengan hutan lindung dan hutan konservasi. Hutan-hutan produksi di Indonesia mempunyai luas sekitar 72 juta hektar dari total keseluruhan hutan di Indonesia yang mencapai angka 129 juta hektar. Hutan produksi adalah berupa hutan rimba dimana sebagian besar tersebar di Kalimantan, sedangkan di Sumatera dan Jawa rata-rata hutan produksi sudah termasuk ke dalam jenis hutan budidaya.

Di Pulau Jawa, hutan produksi banyak ditanami oleh bermacam-macam pohon sehingga terdapat banyak jenis hutan produksi seperti hutan jati, hutan pinus, hutan sengon, hutan damar, hutan mahoni dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan untuk Pulau Sumatera dan Aceh memiliki hutan produksi yang banyak ditumbuhi pohon pinus dan pohon cemara.

1/ Hutan Mahoni

Hutan mahoni banyak ditemukan di Jawa dimana rata-rata banyaknya pohon di dalam hutan-hutan ini sejumlah kurang lebih 4 juta pohon, sedangkan 5% berada di luar Jawa. Persebaran paling banyak terdapat di Jawa Barat (28%), Jawa Tengah (39%) dan Jawa Timur (12%).

2/ Hutan Jati

Wilayah persebaran hutan jati di Indonesia banyak terfokus di Jawa yaitu bagian tengah dan timur. Daerah penghasil kayu jati terbaik berasal dari Blora (Jawa Tengah). Sehingga tidak mengherankan jika hutan produksi untuk pohon jati cukup banyak tersedia di sini. Ditemukan juga area hutan jati dalam jumlah yang luas di Bali, Madura dan Sulawesi bagian tenggara dan selatan. Untuk diluar Indonesia, hutan jati banyak ditemukan di negara yang memiliki iklim tropis seperti di India (Hoshangabad), Myanmar (Burma). Thailand bagian utara dan Lao PDR.

3/ Hutan Pinus

Sebagian besar hutan pinus yang ditemukan di Sumatera termasuk ke dalam hutan pinus alami atau tanpa campur tangan manusia untuk dibudidayakan. Hutan pinus terbesar ada di Aceh, Tapanuli dan Kerinci. Hingga pada akhirnya pohon pinus mulai dibudidayakan di Jawa dan tersebar cukup pesat di sini. Selain di Indonesia, hutan pinus juga bisa anda temukan di Vietnam, Kamboja, Filipina, Thailand, Burma dan India.

4/ Hutan Jabon

Persebaran pohon jenis yang satu ini terdapat di daerah Maluku, sebagian di Sulawesi dan daerah Papua. Tidak hanya di Indonesia saja mudah menemukan pohon jabon, pohon ini juga diketahui banyak tumbuh di hutan-hutan produksi di Nepal, Vietnam, Thailand, Sabag, Filipina dan Cina.

Hutan produksi dibuat untuk menghasilkan atau memproduksi hasil hutan guna memenuhi kebutuhan industry. Hal ini juga berpengaruh terhadap pemanfaatan dari hasil hutan produksi yang tergantung dari pohon apa yang berada di hutan ini.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 56
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel