Fakta Terciptanya Espresso Terkait dengan Budaya Kopi Warga Italia

30 Sep 2022 14:35 438 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fakta Terciptanya Espresso Terkait Dengan Budaya Kopi Warga Italia

Karena orang Italia sukses memproduksi lebih banyak mesin espresso modern menyebabkan istilah espresso identik dengan Italia. Dalam kamus Bahasa Italia lebih lanjut mendefiniskan istilah espresso sebagai salah satu jenis minuman yang khusus dibuat menggunakan mesin bertekanan atau filter, dimana saat ini menjadi hal biasa ditemukan dalam meracik espresso modern. Semua berawal pada kebiasaan kedai kopi abad ke-19 yang menyuguhkan suasana berupa tempat yang tenang tetapi memasuki tahun 1935, kedai kopi ini mulai mengurangi para pekerjanya justru saat hobi minum kopi di Italia mengalami kenaikan yang tajam. Ini disebabkan karena kedai kopi dan café-café serta beberapa restoran mulai memanfaatkan mesin espresso modern yang menjadikan kebutuhan waktu penyajian untuk meracik kopi menjadi lebih praktis. Pada tahun 1938 muncullah kata barista yang sebelumnya memakai istilah energik. Namun perkembangan selanjutnya barista menjadi sangat populer yang memperkenalkan istilah lain seperti bartender semakin mengidentikkan espresso dengan identitas Italia.

 

Penyempurnaan Mesin Espresso Modern

Pada tahun 30-an dan 40-an sempat terjadi kelangkaan dan masalah impor yang menurunkan konsumsi kopi Italia. Meskipun demikian, nama-nama besar seperti Francisco Illy dan Achille Gaggia mengadopsi dan meningkatkan kembali semangat banyak orang untuk mengkonsumsi kopi Italia. Pada tahun 1947, Gaggia berhasil menemukan mesin pompa tangan yang memberikan lebih banyak tekanan pada rasa asli kemudian mengekstraksi lebih banyak minyak dan koloid yang pada akhirnya menghasilkan crema yaitu bagian terpenting dari espresso modern. Selanjutnya pada tahun 1948, Faema Ernesto Valente membeli penemuan Gaggia dan memasarkan kepada masyarakat luas di Italia dan sekitarnya. Hasilnya adalah sebuah kemewahan karena yang memesan adalah café-café dan restoran mewah bertaraf internasional. Valente memutuskan untuk memproduksi mesin yang harganya lebih murah dengan kualitas sama bagusnya dengan yang bermerk dimana tahun 1961, Valente merilis mesin dengan label Faema E61 yang hingga saat ini menjadi sangat terkenal di dunia. Faema E61 adalah bapak espresso modern. Ini merupakan mesin semi-otomatis pertama yang memungkinkan pengguna mengelola parameter ekstraksi kopi dan mempunyai boiler horizontal. Inilah yang menjadi cikal bakal mengubah café-café biasa menjadi ruang sosial tempat pelanggan dan barista bisa mengobrol dengan santai. Juga menyebabkan pertumbuhan eksplosif di bar dan kafe espresso di Italia dan dunia.

 

Antara Italia Dan Budaya Kopi Global

Adanya perkembangan arus globalisasi dunia seperti tidak mempengaruhi budaya kopi Italia, justru kopi Italia yang memberikan banyak pengaruh pada budaya kopi global. Salah satunya adalah terlihat dari ekspor espresso telah berhasil dilakukan, di seluruh dunia sebagian besar minuman berbahan dasar dari kopi merunut kepada ekstraksi gaya Italia. Namun ini bukan berarti semua kopi berbasis espresso adalah Italia. Cappuccino Amerika adalah salah satu minuman kopi yang di dalamnya mengandung dua kali lipat susu dibandingkan yang dibuat di Italia. Dalam hal ini Italia menyadari distorsi dari apa yang diracik sebagai minuman nasional yang sudah mulai menjadi internasional. Banyak upaya telah dilakukan untuk menjadikan Amerika sebagai Italia. Pemerintah Italia pernah mengimbau ‘Organisasi Perdagangan Dunia’ untuk membatasi frasa espresso Italia.

Adalah sebuah perusahaan pemanggangan Italia mencoba membatasi istilah untuk espresso Italia di pengadilan AS. Parlemen Italia mengirimkan inspektur ke seluruh dunia guna menyetujui apakah kopi tertentu memenuhi standar kualitas Italia. Upaya yang bertujuan untuk mengontrol konsep ini sebenarnya gagal dilakukan, selanjutnya Italia menemukan mesin modern pertama yang digunakan untuk mengolah biji kopi menjadi secangkir minuman panas yang nikmat dan inilah cikal bakal cermin budaya ngopi yang hegemoni. Minuman espresso selanjutnya dikenal di seluruh dunia dalam berbagai versi dan menjadikan espresso sebagai bagian penting dari budaya Italia, tetapi warisan Italia bukanlah menjadi hal yang terlalu ditonjolkan dari kepopuleran espresso. Upaya yang sudah dilakukan menunjukkan betapa bangganya orang Italia terhadap kopi racikan mereka dan beberapa orang telah sukses menembus pasar internasional karena berawal dari budaya kopi historis Italia. Budaya tersebut antara lain menghargai keramahan, layanan dan keterjangkauan di atas segalanya.

 

 

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 56
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel