Inilah Beberapa Manfaat Satelit Berhubungan dengan Bidang Geologi

3 Oct 2022 18:55 1270 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah Beberapa Manfaat Satelit Berhubungan Dengan Bidang Geologi

Satelit buatan adalah salah satu teknologi yang diciptakan pertama kali oleh manusia guna memudahkan dalam melakukan berbagai hal di Bumi. Ada beberapa hal yang ditunjang dengan adanya satelit seperti halnya komunikasi serta berbagai informasi lainnya yang dibutuhkan oleh manusia dalam berbagai bidang.

Kegunaan Satelit Dalam Bidang Geologi

Yang dimaksud dengan ilmu geologi adalah salah satu cabang ilmu geografi yang mengkhusus mempelajari tentang Bumi yaitu hal-hal berhubungan dengan komposisi, struktur, sifat-sifat fisik serta sejarah pembentukannya. Dalam perkembangan selanjutnya geologi mencakup beberapa hal yang sifatnya menjadi semakin luas. Sehingga peranan citra dalam sistem informasi geografis menjadi sangat berarti. Cara kerja dalam sistem informasi geografis ini adalah menggunakan satelit sebagai alat yang utama. Oleh karena itulah satelit mempunyai banyak kegunaan dalam bidang geologi. Beberapa kegunaan satelit dalam bidang geologi antara lain adalah sebagai berikut :

 

1/ Untuk menentukan struktur geologi dan macam-macamnya

Kegunaan satelit dalam ilmu geologi yang pertama adalah untuk menentukan struktur geologi di suatu daerah. Dimana diketahui bahwa masing-masing daerah menyimpan karakteristik yang berbeda-beda termasuk struktur tanah dan juga batuan. Maka dari itu bisa diketahui struktur geologi di suatu tempat serta beragam jenisnya. Juga karena letak satelit yang mudah dijangkau yaitu mencakup daerah yang luas maka anda bisa mengetahui daerah-daerah lain yang mempunyai struktur geologi yang sama sehingga bisa mengelompokkan daerah-daerah yang memiliki struktur geologi sama / sejenis.

 

2/ Untuk media pemantauan debu vulkanik

Di samping untuk memantau bencana alam seperti gempa dan kebakaran hutan, kegunaan satelit lainnya adalah termasuk dalam pemantauan arah debu vulkanik. Ini memegang peranan penting bagi Indonesia mengingat negara Indonesia mempunyai banyak sekali gunung api yang masih aktif dan sering mengalami erupsi. Meskipun kadang-kadang letusan yang muncul dari gunung-gunung api ini sifatnya kecil, namun tak jarang memiliki sifat merusak. Selain menunjukkan arah dari material cair yang dimuntahkannya, perlu juga memperhatikan material berupa debu vulkanik karena debu vulkanik merupakan material yang berbahaya. Dengan adanya satelit maka anda bisa memantau arah pergerakan debu vulkanik yang memiliki kecendrungan mengikuti arah angin. Sehingga petugas bisa memberikan peringatan lebih dini kepada masyarakat supaya menjadi lebih waspada.

 

3/ Untuk memantau distribusi sumber daya alam

Satelit berfungsi dalam kegiatan pemantauan distribusi sumber daya alam. Dimana diketahui bahwa karakteristik tanah di berbagai tempat kondisinya berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu sumber daya alam khususnya flora yang tumbuh di sini juga berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Dengan bantuan satelit maka bisa melakukan pemantauan distribusi atau persebaran sumber daya alam hingga ke pelosok daerah sehingga anda bisa mengetahui dimana daerah yang mempunyai sumber daya alam lebih banyak dan mana daerah yang kekurangan sumber daya alam. Dengan demikian antara satu daerah dengan daerah yang lainnya akan saling melengkapi.

 

4/ Untuk memanfaatkan bidang pertahanan dan militer

Satelit juga bermanfaat dalam bidang pertahanan dan kemiliteran. Hal ini akan sangat membantu bagi negara dalam memperkuat pertahanan negaranya. Satelit akan memantau daerah mana saja yang perlu untuk diperketat penjagaannya dan daerah mana yang sepertinya rawan dimasuki oleh musuh.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel