Inti dari Deforestation

26 Sep 2022 12:15 681 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inti Dari Deforestation

Deforestation memiliki pengertian yaitu tebang habis atau pembukaan hutan yang merupakan serangkaian proses penebangan hutan atau tegakan pohon yang kemudian dikonevrsi menjadi lahan yang sifatnya non hutan. Deforestation bisa melibatkan konevrsi lahan hutan untuk difungsikan sebagai lahan peternakan, pertanian ataupun pembangunan daerah perkotaan.

Deforestation Dan Penyebabnya

Menurut pendapat yang diberikan oleh Sekretariat Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang perubahan iklim menjelaskan bahwa penyebab utama deforestation adalah membuka lahan baru untuk pertanian. Dalam hal ini pertanian subsisten bertanggung jawab terhadap 48% defoerstation, 32% pertanian komersial, penebangan 14% dan penebangan kayu bakar mencapai angka 5%.

Di sisi lain penyebab deforestation yang sifatnya kontemporer adalah adanya korupsi di lembaga pemerintahan, ketidakadilan terhadap kekuasaan dan kekayaan, pertumbuhan penduduk dan urbanisasi. Globalisasi dianggap sebagai penyebab deforestation yaitu mulai dari arus tenaga kerja modal dan komoditas. Selanjutnya adalah adanya perubahan iklim menjadi penyebab lain dari munculnya deforestation. Sekitar 23% tutupan hutan di Bumi telah hilang sebagai akibat kebakaran hutan yang terus bertambah tajam terutama di hutan boreal.

Deforestation Dan Dampak Yang Muncul

1/ Efek lanjut dari deforestation adalah terjadi erosi tanah yang sangat merugikan sehingga nantinya bisa berubah menjadi degradasi dalam bentuk lahan kosong.

2/ Dampak deforestation terjadi pada siklus air. Ketika ada area hutan yang lenyap maka tidak ada lagi pohon yang menyerap air tanah melalui akar-akarnya kemudian dilepaskan ke atmosfer sehingga iklim dan tanah berubah menjadi lebih kering. Tanah yang kering menyebabkan asupan air menjadi rendah untuk bisa diekstraksi oleh pohon.

3/ Dampak deforestation bagi kesehatan erat hubungannya dengan penyakit yang berasal dari hutan seperti malaria, rabies, virus nipah dan yang lainnya. Ini rata-rata muncul karena di hutan ada banyak hewan tinggal dan mereka akan berpindah ke tempat lain yaitu bisa saja masuk ke pemukiman penduduk di dekat hutan.

Contoh Dari Deforestation

Contoh nyata dari deforestation bisa anda lihat dari keberadaan hutan-hutan di Sumatera dan Kalimantan yang sebagian telah berubah menjadi perkebunan kelapa sawit, kopi, teh dan cengkeh. Banyak area hutan diubah menjadi lahan perkebunan dalam skala besar yang sangat luas. Kondisi ini tidak terlepas dari semakin tingginya permintaan minyak kelapa sawit di pasar lokal hingga pasar internasional.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel