Keberadaan Hutan Di Dunia dan Jenisnya

27 Sep 2022 14:10 1015 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Keberadaan Hutan Di Dunia Dan Jenisnya

Hutan adalah suatu wilayah dimana di dalamnya terdiri dari sekumpulan vegetasi tumbuhan yang didominasi oleh pepohonan dan tanaman lainnya yang membentang cukup luas pada suatu area sehingga menciptakan iklim tertentu (khas) yang berbeda dengan area di sekitarnya. Jenis hutan di dunia digolongkan menjadi beberapa macam berdasarkan :

 

1/ Jenis Pohonnya

1.1/ Hutan Homogen

Hutan ini hanya ditumbuhi oleh satu jenis pohon / tumbuhan utama saja. Ini biasanya merupakan hutan buatan yang ditujukan untuk keperluan tertentu seperti penghijauan, reboisasi serta keperluan industri. Contohnya adalah hutan pinus, hutan jati, hutan akasia, hutan cemara, hutan kayu putih, hutan bambu dan lain sebagainya.

1.2/ Hutan Heterogen

Hutan heterogen mempunyai arti kebalikan dari hutan homogeny yaitu jenis hutan yang mempunyai beragam macam pohon / tumbuhan yang hidup subur di dalamnya misalnya adalah hutan rimba, hutan lindung dan hutan suaka alam. Pada umumnya hutan jenis ini berada di daerah tropis dengan curah hujan tinggi seperti di kawasan Asia Tenggara, Australia, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Afrika. Di Indonesia sendiri banyak ditemukan hutan jenis ini yang terpusat di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Irian Jaya.

 

2/ Tujuan Dan Fungsinya

2.1/ Ada hutan wisata adalah hutan yang dibina dan dipelihara untuk kepentingan pariwisata.

2.2/ Hutan produksi adalah hutan yang dimanfaatkan hasil kayu maupun non kayu untuk kebutuhan industri.

2.3/ Hutan suaka alam adalah hutan yang mempunyai sifat khas yaitu keberadaannya bertujuan untuk melindungi keanekaragaman hayati (alam) baik flora, fauna maupun ekosistemnya.

2.4/ Hutan lindung adalah hutan yang berfungsi untuk menjaga kelestarian tanah dan tata air wilayahnya.

 

3/ Proses Terjadinya

3.1 / Ada hutan alamiah (asli) adalah hutan yang proses terbentuknya adalah secara alami, tidak ada campur tangan manusia, contohnya adalah hutan rimba.

3.2 / Hutan buatan adalah salah satu jenis hutan yang proses terbentuknya terdapat campur tangan manusia dengan tujuan-tujuan tertentu, contohnya adalah beberapa hutan homogeny.

 

4/ Iklim

4.1/ Hutan hujan tropis adalah hutan yang di dalamnya mempunyai curah hujan yang tinggi.

4.2/ Hutan hujan iklim sedang adalah hutan yang mencakup luas yang sangat besar ditemukan di sepanjang Pantai Pasifik Amerika Utara dan California hingga ke negara bagian Washington serta di wilayah Australia (hutan dengan pohon tertinggi di dunia).

4.3/ Hutan musim tropik adalah hutan yang beriklim basah tetapi mempunyai musim kemarau yang panjang terdapat di kawasan India dan Asia Tenggara.

4.4/ Hutan pegunungan tropik adalah mirip dengan hutan hujan iklim sedang tetapi memiliki struktur / karakteristik yang berbeda.

4.5/ Hutan gugur iklim sedang adalah salah satu jenis hutan yang ditemukan di wilayah Eropa, Amerika Serikat, Amerika Tengah, Chile dan Asia Timur.

4.6/ Taiga adalah tumbuhan jenis conifer dimana taiga terbesar di dunia ditemukan di wilayah Asia, Eropa dan Amerika Utara.

4.7/ Hutan Sabana adalah padang rumput tropis diselingi oleh pohon-pohon besar yang merupakan peralihan antara hutan dan padang rumput terdapat di wilayah Australia dan Brasilia.

4.8/ Hutan lumut adalah hutan yang terdapat di daerah ketinggian sekitar 2500 m dimana di dalamnya terdapat pohon-pohon kerdil yang ditumbuhi lumut dan kerak.

4.9/ Gurun adalah daratan yang sangat luas dimana di dalamnya tidak ada tumbuhan umum hidup do hutan melainkan hanya beberapa jenis tanaman saja yang mampu bertahan di sini seperti kaktus.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel