Mengenal Macam-Macam Hutan Terlebat di Dunia

26 Sep 2022 14:15 340 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Macam-Macam Hutan Terlebat Di Dunia

Dengan adanya hutan di suatu daerah maka akan mendatangkan banyak manfaat untuk penduduk sekitarnya seperti bisa mengumpulkan air dalam jumlah berlimpah, oksigen segar, udara sejuk, tanah yang mempunyai struktur bagus, hewan hidup dengan makmur hingga jarang terkena bencana alam berupa banjir dan tanah longsor.

Melalui artikel kami kali ini akan mengenalkan kepada anda tentang macam-macam hutan terlebat di dunia yang memberikan banyak manfaat bagi mahkluk hidup yang menempati alam semesta ini, silahkan menyimaknya.

1/ Redwood National Park

Ini adalah hutan terlebat pertama di dunia yang lokasinya berada di California, namanya adalah Redwood National Park berhasil menjadi dataran hijau yang menutupi hampir 560 KM persegi area yang ada di negara ini. Hal ini menunjukkan bahwa Amerika kembali sukses mengisi daftar hutan terlebat yang ada di dunia. Dengan dominasi tanaman kayu serta semak belukar, menjadikan hutan ini sebagai salah satu hutan paling lebat di dunia.

 

2/ Jiuzhaigou Valley

Cina adalah salah satu negara yang di dalamnya mempunyai penduduk sangat banyak. Ini hampir senada dengan kondisi hutan yang tersebar di seluruh dataran Cina dimana salah satunya berhasil menjadi hutan paling lebat kedua di dunia bernama Jiuzhaigou Valley atau The Valley Of Nine Villages. Di dalamnya mempunyai air terjun yang indah alami dan masih perawan, danau dengan air berwarna hijau dan fenomena alam menarik lainnya. Kerapatan pohon yang tumbuh di dalam hutan ini sangat padat dan termasuk ke dalam perlindungan UNESCO sejak tahun 1992. Hutan ini mempunyai elevasi dari 2000 meter hingga 4500 meter. Ini adalah salah satu jenis hutan yang merupakan hutan terlebat dibanggakan oleh masyarakat Cina dengan luas area hutan mencapai angka 720 KM persegi dan hampir setiap tahun dikunjungi oleh 1 juta orang yaitu sejak tahun 2002.

 

3/ Sundarbans

Hutan yang bernama Sundarbans atau biasa dipanggil Sundarbon adalah hutan paling lebat ketiga di dunia. Memiliki luas hampir 10.000 KM persegi menjadikan hutan di area Asia Selatan khususnya India ini menampilkan dataran hijau yang tampak berbeda dengan hutan lainnya. Di dalam hutan ini terdapat sungai besar yang membelah dan mengaliri sungai Didalam hutan terdapat sungai yang membelah hutan menjadi beberapa bagian dan mengaliri anak sungai untuk perkebunan tembakau yang tumbuh subur di sekitar hutan.

 

4/ Hutan Kayan Mentarang

Jika berbicara tentang hutan maka Indonesia berkontribusi di dalamnya. Sebagai salah satu negara dengan iklim tropis, maka Indonesia mempunyai banyak sekali hutan hujan tropis yang tersebar dari Sabang sampai Merauke tetapi salah satu hutan paling lebat ketiga di dunia adalah hutan yang bernama Hutan Kayan Mentarang dengan luas mencapai angka 13.605 KM persegi terletak di Kalimantan. Hutan ini memang terkenal akan kehidupan liar mahkluk hidup di dalamnya seperti hewan dan tentu saja pepohonan namun berhati-hati memilih pohon di area hutan ini karena banyak ditemukan pohon beracun. 

 

5/ Hutan Tongass

Tongas National Forest adalah hutan terlebat kelima yang ada di dunia memiliki luas sekitar 69.000 KM persegi dimana hutan ini terletak di daerah Alaska Amerika Serikat. Sebagian besar area hutan adalah termasuk ke dalam jenis hutan hujan tropis dan menjadi tempat tinggal banyak flora dan fauna yang ada di Amerika Serikat dan daerah tropis lainnya. 

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 56
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel