Khasiat Akar Bunga Teratai yang Ternyata Cinta Terhadap Lambung Kita

28 Sep 2022 18:20 634 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jaga Kesehatan Lambung Dengan Maksimalkan Khasiat Akar Bunga Teratai

Beberapa penelitian kesehatan yang selama ini telah dilakukan menjelaskan bahwa manfaat akar bunga teratai sangat banyak diantaranya adalah bagus sebagai media herbal untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan juga ampuh untuk mengatasi penyakit lambung. Akar teratai diketahui mengandung karbohidrat, natrium, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin C dan serat dalam jumlah tinggi. Zat-zat ini keberadaannya sangat penting dibutuhkan oleh tubuh manusia. Oleh karena itu, akar teratai termasuk ke dalam salah satu bahan makanan yang di dalamnya banyak mengandung gizi dalam jumlah besar. Gizi seimbang pastilah dibutuhkan oleh semua orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Nah tersebut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat akar teratai untuk menjaga kesehatan lambung, silahkan disimak.

 

1/ Mengurangi gastritis pada lambung

Gastritis merupakan salah satu jenis penyakit akibat adanya iritasi, peradangan atau pengikisan pada dinding lambung. Dinding lambung ini dilapisi oleh kelenjar yang menghasilkan asam lambung dan enzim pencernaan. Kelenjar ini dilindungi oleh lapisan lendir yang tebal sehingga tidak menyebabkan iritasi. Jika lapisan lendir ini mulai menipis maka terjadilah gastritis. Salah satu penyebabnya adalah infeksi bakteri H. Pylori. Gastritis juga muncul karena stres. Namun anda jangan kuatir berlebihan jika terkena gastritis karena bisa dicegah dengan memanfaatkan akar teratai yang banyak mengandung asam linoleat. Kandungan asam ini berfungsi untuk mengurangi peradangan pada berbagai bagian tubuh salah satunya adalah lambung. Dengan rutin mengkonsumsi akar teratai secara teratur selama sakit dipercaya ampuh mengurangi resiko terkena gastritis atau peradangan pada dinding lambung.

 

2/ Melindungi terhadap sakit maag

Maag adalah salah satu gejala penyakit yang diakibatkan karena adanya luka terbuka yang terjadi pada bagian dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri H. Pylori dan stres berkepanjangan. Sakit maag merupakan salah satu penyakit yang mudah disembuhkan dengan cara tradisional. Sakit maag memicu munculnya rasa perih di area perut yang menyebabkan ketidaknyamanan penderitanya. Salah satu tanaman herbal yang mampu melindungi lambung dari maag adalah akar teratai. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi di dalam akar teratai membuatnya menjadi salah satu pelindung dari sakit maag. Para penderita maag biasanya mengalami kerusakan pada lapisan mukosa lambung. Nah dalam hal ini akar teratai mempunyai efek menambah gastroprotektif yang bisa mempercepat pemulihan lapisan mukosa lambung. Dengan demikian akar teratai berjasa untuk melindungi lambung dari sakit maag.

 

3/ Mengoptimalkan kinerja lambung

Kinerja lambung pada masing-masing orang pastilah berbeda-beda. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kinerja lambung seseorang terutama makanan yang dimakan. Dalam hal ini akar bunga teratai mempunyai kandungan serat yang tinggi berdampak bagus untuk memompa agar kinerja lambung bekerja secara optimal.

 

4/ Memberikan rasa kenyang lebih lama

Adanya kandungan serat yang besar dalam suatu bahan makanan bisa membantu menimbulkan rasa kenyang lebih lama sehingga bagus dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang melakukan program diet. Hal ini disebabkan karena makanan yang kaya akan kandungan serat akan bertahan di lambung lebih lama jika dibandingkan dengan makanan yang rendah serat. Karena faktor inilah maka rasa kenyang yang diberikan oleh akar teratai terasa jauh lebih lama.

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 56
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel