Reklamasi dan Fakta yang Berkaitan Dengannya

28 Sep 2022 12:55 630 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Reklamasi Dan Fakta Terkait 

Menurut Undang-Undang Nomer 27 tahun 2007 tentang ‘Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil’ memberikan pengertian reklamasi adalah salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan manfaat sumber daya lahan yang ditinjau dari sudut lingkungan dan sosial ekonomi dengan cara pengurukan, drainase atau pengeringan lahan.

 

Manfaat Dari Reklamasi

Kegiatan reklamasi tersebut di atas memiliki banyak manfaat antara lain sebagai berikut :

1/ Memberdayakan kawasan berair yang telah rusak menjadi suatu wilayah yang bermanfaat untuk berbagai kebutuhan misalnya industri, pertanian, pemukiman, objek wisata dan lain sebagainya.

2/ Untuk area kota atau wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, reklamasi bisa menjadi salah satu solusi bagi wilayah yang mengalami keterbatasan lahan guna pemukiman baru.

3/ Mencegah terjadinya banjir di sekitar wilayah pemukiman yang berada pada ketinggian di bawah permukaan air laut.

 

Kelebihan Dari Reklamasi

Reklamasi yang dilakukan oleh pemerintah memeiliki beberapa kelebihan antara lain sebagai berikut :

1/ Menciptakan lahan baru untuk daerah perkotaan yang padat penduduk atau negara yang sedang memerlukan kawasan lebih luas guna pemekaran wilayah, tata daerah pantai, pengembangan kawasan wisata, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan tujuan utama dari reklamasi itu sendiri.

2/ Meningkatkan kualitas dan nilai ekonomi masyarakat yang berada di sekitar pantai, menambah lapangan pekerjaan dan memperluas lahan produktif.

3/ Mencegah terjadinya erosi yang sifatnya berkelanjutan serta meningkatkan habitat perairan.

 

Kekurangan Dari Reklamasi

Reklamasi yang dilakukan oleh pemerintah tidak selamanya menguntungkan daerah yang menjadi sasaran, reklamasi memiliki beberapa kekurangan antara lain sebagai berikut :

1/ Berpotensi terjadinya sedimentasi.

2/ Akan terjadi perubahan hidro-oseanografi.

3/ Terjadi peningkatan kekeruhan air.

 

Contoh Dari Reklamasi

Meskipun dalam fakta nyata reklamasi menimbulkan pro dan kontra tetapi ada beberapa negara yang sukses melakukan reklamasi sebagai salah satu usaha yang berkelanjutan.

1/ Singapura

Singapura adalah salah satu negara yang letaknya berdekatan dengan Indonesia yaitu berlokasi di Semenanjung Asia Tenggara yang menjadi salah satu negara yang sukses melakukan reklamasi. Tujuan dilakukannya reklamasi di Singapura adalah untuk menambah lahan-lahan produktif yang diharapkan memberikan keuntungan secara optimal. Dengan melakukan reklamasi, negara ini telah  memiliki masterplan  untuk jangka panjang hingga 50 tahun ke depan.

2/ Uni Emirat Arab

Negara yang kedua adalah Uni Emirat Arab yang termasuk ke dalam salah satu negara terkaya di dunia juga sukses menerapkan proyek reklamasi dalam membangun area Palm Island. Pulau buatan ini terletak di sekitar Kota Dubai yang dibuat oleh Sheikh Mohammed Rashid Al Maktoum dengan tujuan meningkatkan kunjungan wisatawan luar negeri ke Semenanjung Arab. Dengan berdirinya Palm Island ini membuat wilayah daratan milik Arab bertambah hingga 250 km persegi.

3/ Jepang

Negara ketiga adalah Jepang yang sukses melakukan reklamasi di prefektur Kyoto dimana tujuan dilakukannya reklamasi ini adalah untuk menunjang kebutuhan logistik laut dengan cara memperluas Bandara Internasional Kansai. Luas wilayah yang berhasil diciptakan melalui reklamasi ini adalah sebesar 10 km persegi.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel