Fakta Tentang Fosil Manusia Purba di Indonesia

3 Oct 2022 10:53 1868 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fakta Tentang Fosil Manusia Purba Di Indonesia

Ada banyak fosil manusia purba yang ditemukan di Indonesia. Beberapa tempat mempunyai jenis manusia purba tertentu dan berbeda-beda bentuk. Adapun beberapa jenis atau macam-macam fosil manusia purba yang ditemukan di Indonesia antara lain sebagai berikut :

 

1/ Meganthropus Palaeojavanicus

Nama Meganthropus Palaeojavanicus mengandung arti manusia besar dari zaman batu yang hidup di Pulau Jawa. Hal ini pada awalnya ditemukan fosil yang berupa tulang rahang dan gigi manusia di daerah Sangiran yaitu tepatnya di pinggir Sungai Beganwan Solo. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tulang rahang yang ditemukan tersebut berasal dari masa 2 hingga 3 juta tahun yang lalu. Dari bentuknya inilah maka diberikan nama Meganthropus Palaeojavanicus ini. Berdasarkan rekam jejak, fosil ini merupakan fosil manusia purba tertua yang ditemukan di Indonesia pada tahun 1937.

 

2/ Pithecanthropus Erectus

Sebelum Meganthropus Palaeojavanicus ditemukan, seorang ahli purbakala bernama Eugene Dubois telah menemukan fosil lain yaitu berupa tengkorak manusia purba di sebuah desa kecil bernama Desa Trinil yaitu di tepi Sungai Bengawan Solo. Fosil ini ditemukan pada tahun 1891 dimana penelitian menunjukkan bahwa fosil tengkorak ini berasal dari 23 juta hingga 30.000 tahun yang lalu. Fosil tengkorak ini menunjukkan bahwa manusia purba ini memiliki wajah bulat mirip kera dan berjalan tegak. Maka dari itulah mengapa fosil ini dinamakan Pithecanthropus Erectus yang mengandung arti kera yang berdiri tegak.

 

3/ Pithecanthropus Soloensis

Pada tahun 1931, seorang ilmuwan berhasil menemukan tengkorak dan juga tulang kering yang menyerupai bentuk dari Pithecanthropus Erectus. Fosil ini ditemukan di sekitar daerah Solo hingga Sangiran sehingga diberi nama Pithecanthropus Soloensis.

 

4/ Pithecanthropus Mojokertensis

Pada tahun yang sama dengan di atas yaitu saat ditemukannya Meganthropus Palaeojavanicus sekitar tahun 1937, para ilmuwan yang sama juga menemukan tengkorak yang mirip dengan Pithecanthropus Erectus dan Pithecanthropus Soloensis tetapi diduga temuan tersebut masih anak-anak. Fosil ini ditemukan di sekitar daerah Mojokerto di Jawa Timur sehingga dinamakan Pithecanthropus Mojokertensis.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel