Manfaatkan Asam Jawa untuk Rahim yang Kuat

7 Oct 2022 16:35 767 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Rahim Menjadi Kuat Dengan Mengoptimalkan Khasiat Asam Jawa Yang Bernutrisi

Dikenal ada banyak khasiat yang diberikan oleh asam jawa bagi kesehatan manusia. Tanaman yang mempunyai nama latin Tamarindus Indica ini termasuk ke dalam golongan buah yang sering digunakan untuk menyegarkan beragam jenis masakan Nusantara. Keunggulan lain yang dimiliki oleh asam jawa adalah bisa diawetkan dalam jangka waktu yang agak lama. Beberapa daerah di Indonesia menyebut asam jawa yang telah diawetkan tersebut dengan nama asam kawak. Asam kawak ini sangat terkenal sebagai salah satu bahan utama membuat jamu tradisional.

Banyka manfaat asam jawa yang belum diketahui oleh para ahli kesehatan tetapi salah satu yang menonjol adalah bagus untuk merawat bagian tubuh perempuan yang disebut dengan nama rahim. Buah yang berasa asam-asam segar ini berguna untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada Rahim seorang perempuan. Agar hasil ramuan asam jawa bekerja secara optimal maka biasanya akan dicampurkan dengan kunyit yang dikenal sebagai ramuan kunyit asam. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat dari asam jawa untuk rahim.

1/ Mengatasi masalah PCOS

PCOS adalah kepanjangan dari polycystic ovary syndrome dimana kondisi ini dikategorikan sebagai gangguan hormon yang bisa menyebabkan timbulnya banyak folikel berupa cairan di dalam ovarium sehingga sulit untuk melepaskan sel-sel telur. Dengan mengkonsumsi ramuan asam jawa dipercaya bisa membantu meringankan kondisi seseorang dengan PCOS. Kandungan yang terdapat dalam buah asam jawa dipercaya sebagai zat inflamasi dan dapat menurunkan resistensi insulin. Hal inilah yang menjadi penyebab utama seorang perempuan mengalami PCOS.

2/ Meringankan endometriosis

Selain mudah terkena PCOS, masalah lain yang kadang-kadang menyerang rahim seorang perempuan adalah endometriosis. Ini adalah semacam gangguan pada lapisan dalam rahim yang tumbuh di luar rahim. Kondisinya sangat menghambat terjadinya pembuahan sehingga menyebabkan perempuan bersangkutan sulit hamil. Dalam beberapa kasus perempuan yang mengalami endometriosis akan mengalami rasa nyeri yang parah di area panggul ketika mengalami menstruasi. Dengan rajin mengkonsumsi ramuan asam jawa dan kunyit terbukti ampuh menurunkan resiko terjadinya endometriosis. Ini disebabkan karena ramuan ini bersifat anti inflamasi dan bisa menurunkan produksi estradiol. Estradiol adalah salah satu hormone yang mempunyai kaitan erat dengan endometriosis. Dengan menurunnya kadar hormon estradiol maka akan diikuti dengan menurunnya kondisi endometriosis pada rahim.

3/ Pengobatan tradisional kanker ovarium

Seperti diketahui bahwa kanker ovarium merupakan salah satu dari banyak jenis kanker yang menjadi momok bagi sebagian perempuan di dunia. Jumlah kematian yang cukup tinggi di Indonesia sebagai akibat kanker jenis ini menjadikan setiap perempuan dewasa perlu waspada akan hal-hal menjadi pemicu kanker ovarium. Konsumsilah salah satu ramuan tradisional yang dipercaya ampuh sebagai pengobatan alami bagi penderita kanker ovarium  yaitu asam jawa dan kunyit. Kandungan alamiah keduanya dipercaya dapat melindungi sel-sel tubuh dari kanker.

4/ Mencegah terjadinya preeklampsia

Pada beberapa ibu hamil sering ditemukan adanya kasus preeklampsia. Yang dimaksud dengan preeklampsia merupakan suatu kondisi yang tidak bisa dianggap sepele karena seringkali menyebabkan kematian untuk ibu hamil dan janin. Salah satu penyebabnya adalah naiknya tekanan darah ibu hamil menjadi sangat tinggi. Penyebabnya ada banyak sekali dimana salah satunya adalah karena peradangan pada tubuh. Untuk mencegah adanya peradangan ini maka ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi ramuan tradisional dari asam jawa dan kunyit. Kandungan keduanya mampu meredakan peradangan sekaligus menjaga kesehatan rahim. Perlu diperhatikan batas konsumsi kunyit asam per harinya agar tidak terjadi masalah dikemudian hari sebagai akibat terlalu banyak mengkonsumsi ramuan kunyit asam.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel