Resep Kue Onde- Onde, Kue Legendaris Favorit Laksamana Cheng Ho

7 Oct 2022 14:35 745 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Camilan Sore Unik Yang Bertekstur Empuk Untuk Keluarga, Inilah : Resep Kue Onde- Onde

Siapa anak-anak yang tidak kenal dengan kue onde-onde ? Ini adalah salah satu jenis kue basah tradisional khas Nusantara yang memiliki bentuk unik yaitu bulat seperti bola bekel dengan bagian permukaan ditaburi wijen biasanya dijual di gerai camilan ringan di supermarket, toko-toko kue hingga pasar tradisional mengenalnya.

Di Indonesia ada banyak sekali resep camilan tradisional yang hadir berkat adanya pengaruh budaya kulineran Cina / peranakan. Beberapa diantaranya adalah onde-onde, siomay, bakso goreng, choipan dan masih banyak lagi yang lainnya. Camilan ini memiliki cita rasa gurih, manis dan campuran keduanya yang dibawa ke tanah air oleh para pedagang Tionghoa sekitar tahun 1300 Masehi. Khusus untuk onde-onde bentuknya mirip dengan kue moci khas Jepang versi digoreng juga dikenal dengan nama berbeda seperti kue matuan atau jian dui (Cina) dan dango (Jepang).

Onde-onde asli Nusantara memiliki perbedaan dalam hal isian. Camilan ringan ini terbuat dari bahan utama adalah tepung ketan dengan isian berupa pasta manis kacang merah, kacang hitam, kacang hijau atau kelapa parut bercampur gula aren. Ada banyak sebutan untuk camilan bola ketan berbalut wijen yang sangat populer di Indonesia seperti yang tersedia di Banyumas (Jawa Tengah) dan Mojokerto (Jawa Timur) menggunakan bahan isian dari pasta kacang hijau kupas dimasak bersama dengan gula merah.

Anda bisa membuat kue ini di rumah meskipun bagi pemula termasuk ke dalam kategori memasak yang agak rumit tetapi bukan berarti hal ini menjadi penghalang bagi annda untuk berhasil membuat kue onde-onde dengan tampilan cantik dan cita rasa enak. Karena pada kenyataannya bahan untuk membuat kue ini sangat mudah dibeli di pasar tradisional hingga supermarket dan membutuhkan sedikit waktu untuk mengolahnya hingga matang.

Resep Kue Onde-Onde

Bahan utama yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • 300 gram tepung ketan putih
  • 75 gram tepung tapioka
  • 2 sdt gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 250 ml santan kental hangatkan
  • 150 gram wijen putih
  • Minyak yang banyak untuk menggoreng

Bahan isi yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut :

  • 300 gram kacang hijau kupas kulitnya
  • 1 sdm Bango Kecap Manis
  • 50 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan ikat simpul

Cara memasaknya adalah sebagai berikut :

1/ Bahan isi : kukus kacang hijau kupas bersama dengan daun pandan hingga matang lalu angkat. Campur rata bersama dengan Bango Kecap Manis dan gula pasir. Ambil 1 sdm adonan kemudian bulatkan dan ulangi proses serupa pada sisa adonan. Sisihkan.

2/ Campur rata tepung ketan, tepung tapioka, gula dan garam. Tuangi santan sedikit demi sedikit / secara bertahap sambil diuleni hingga kalis atau bisa dibentuk.

3/ Ambil 1 sdm adonan, bulatkan, piphkan, letakkan adonan isi ke bagian atasnya kemudian tutup lalu bulatkan.

4/ Gulingkan ke atas wijen hingga permukaan kulit kue tertutup merata dan ulangi proses serupa pada sisa adonan.

5/ Panaskan minyak, goreng onde-onde hingga berwarna cokelat keemasan. Angkat dan sajikan.

6/ Onde-onde buatan anda sudah siap disantap. Untuk 4 porsi yang membutuhkan waktu memasak selama 1 jam.

Selamat mencoba.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel