Stop Merokok dengan Tips Berikut ini

5 Oct 2022 17:10 1237 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda Pasti Bisa Berhenti Merokok Dengan Tips Berikut Ini

Ada banyak informasi yang menjelaskan efek buruk tembakau terhadap kesehatan paru-paru serta hubungannya dengan berbagai macam penyakit. Namun masih saja ada banyak orang yang abai dan tidak mau berhenti merokok. Padahal diketahui bahwa sebagai penyebab utama penyakit jantung, tembakau menyumbang angka sekitar 17% dari semua kematian akibat penyakit kardiovaskular ini dan 21% dari semua kematian akibat penyakit jantung koroner. Efek buruk yang diberikan kepada anak-anak yang secara tidak sengaja menghirup asap rokok adalah anak menjadi mudah terinfeksi meningitis, infeksi telinga tengah, pneumonia, bronchitis, asma, limfoma dan leukemia juga menurunkan kekebalan tubuh serta gangguan kulit. Nah karena ada banyak gangguan ini menjadi alasan kuat untuk berhenti merokok !
 

Racun Mematikan Dalam Sebatang Rokok

Apakah anda tahu bahwa dalam sebatang rokok setidaknya terdapat beberapa racun yang sangat berbahaya untuk tubuh, antara lain sebagai berikut :

1/ Asam asetik : zat yang ada dalam pembersih lantai, naptalin : zat beracun dalam pewangi pakaian, asentanisol : zat dalam parfum, hydrogen sianida : terdapat dalam racun tikus, aseton : zat dalam cairan pembersih kuteks dan kadmium : zat dalam baterai.

2/ Metanol : zat untuk bahan bakar, sodium hidroksida : zat dalam penghilang bulu ketiak dan kaki, formalin : zat untuk mengawetkan kodok, serangga hingga kenazah, geranol : zat aktif dalam pestisida dan toluene : zat yang terdapat dalam bensin.

3/ Hidrasin : zat untuk pesawat bermesin roket, cinnamalde hyde : zat yang ada di racun kutu anjing dan kucing dan urea : zat pada air seni yang berguna untuk cat, tinta dan pupuk

Stop Merokok Sekarang Juga !

Dengan mengetahui ada banyak zat berbahaya ada dalam sebatang rokok dan efek buruknya bagi kesehatan diri sendiri sebagai perokok aktif maupun orang lain di sekitar anda sebagai perokok pasif (termasuk anak-anak) maka kini sudah saatnya anda serius berpikir untuk berhenti merokok. berikut di bawah ini kami berikan beberapa tips berhenti merokok anjuran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

1/ Motivasi

Bulatkan tekad dan tujuan anda untuk berhenti merokok dari sekarang. Mulailah untuk menentukan alasan yang kuat misalnya niat ingin melindungi keluarga (perokok pasif) dari risiko terkena kanker paru-paru dan penyakit mematikan lainnya. Alasan yang kuat bisa digunakan sebagai motivasi. Bisa juga mempunyai motivasi : berhenti merokok agar bisa menabung lebih banyak dan mendermakan uang rokok (yang selama ini tidak disadari jumlahnya membengkak !).

2/ Seketika total berhenti merokok atau mengurangi jumlah rokok yang diisap perhari secara bertahap

Apabila pilihan anda mengurangi frekuensi merokok dan jumlah rokok secara bertahap maka ini akan mempengaruhi pikiran dan tubuh yaitu mulai terbiasa terhindar dari kecanduan nikotin sedikit demi sedikit.

3/ Kenali waktu dan situasi (saat anda paling sering merokok)

Bagi para perokok, ada waktu-waktu khusus kebiasaan merokok paling sering dilakukan misalnya adalah saat menunggu, sesudah makan, nongkrong bareng teman-teman di kafe dan lain sebagainya. Coba alihkan kebiasaan merokok di tempat-tempat tersebut dengan aktivitas lain misalnya mengunyah permen rasa mint atau permen karet sebagai pengganti.

Lakukan Gaya Hidup Sehat

Beberapa orang kuatir berhenti merokok akan membuat tubuh menjadi melar alias gemuk. Ini bukan berarti merokok menyebabkan tubuh menjadi kurus tetapi banyak orang mengganti kebiasaan merokok dengan ngemil makanan-makanan tinggi kalori. Karena itu, berhenti merokok perlu diiringi dengan berubahnya gaya hidup, antara lain sebagai berikut :

Konsumsi makanan bergizi dalam jumlah seimbang namun tidak perlu melakukan diet ketat karena ini akan terlalu berat untuk anda jalani karena anda akan menahan diri untuk tidak makan sekaligus tidak merokok. Hindari camilan yang mengandung kalori tinggi atau nutrisinya kosong serta perbanyak makan sayur, buah, biji-bijian dan protein rendah lemak. Perbanyak minum air putih yaitu rata-rata 2 liter per hari dan rutin berolahraga serta hindari alkohol karena bisa menjadi pemicu keinginan merokok.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel