Bawang Putih, Dibenci Namun Punya Segudang Manfaaat untuk Tubuh

5 Oct 2022 15:10 949 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sudah Teruji Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh 

Bawang putih adalah termasuk ke dalam keluarga umbi-umbian yang selama ini dikenal sebagai salah satu bumbu masakan dan sangat populer diberbagai belahan dunia. Herbal ini semakin menjadi favorit sejak diketahui memiliki kemampuan dalam mencegah penyakit kanker. Namun saying sekali kadang-kadang aromanya yang menyengat membuat umbi yang satu ini tidak bisa dikonsumsi secara langsung melainkan hanya berfungsi sebagai rempah untuk meracik beragam jenis bumbu sehingga dalam hal ini hanya dalam jumlah sedikit saja bawang putih dikonsumsi ke dalam tubuh.

Diketahui hampir semua rempah memiliki khasiat tersendiri untuk menjaga kesehatan tubuh. Begitu juga dengan bawang putih, di bawah ini kami berikan beberapa manfaat bawang putih yang bagus untuk menangkal beberapa jenis penyakit ganas sehingga aman untuk menjaga kesehatan tubuh dan dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

1/ Ampuh menurunkan tekanan darah tinggi

Ini adalah manfaat bawang putih yang pertama telah teruji oleh banyak riset yang mengelaurkan fakta bahwa bawang putih cukup efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7 hingga 8 persen. Gunakan bubuk bawang putih untuk mencampur masakan yang anda konsumsi setiap hari akan mendapatkan hasil yang optimal.

2/ Sumber anti virus, anti bakteri dan sebagai antioksidan yang ampuh

Khasiat bawang putih yang telah teruji kedua adalah sebagai salah satu sumber antioksidan dalam jumlah besar dan tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk tindakan pencegahan dimana dalam hal ini bawang putih dikenal bagus sebagai anti virus dan anti bakteri yang dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi dan virus serta cacing dalam tubuh.

3/ Ampuh memangkas kolesterol jahat / LDL dalam tubuh

Kehebatan ketiga dari bumbu masakan paling terkenal di Indonesia ini adalah memiliki kemampuan dalam hal menurunkan kolesterol jahat. Bawang putih ampuh untuk memangkas LDL / kolesterol jahat dalam tubuh secara signifikan dan berbagai riset telah membuktikan bahwa bawang putih dapat memangkas LDL sebanyak 10 hingga 15 persen. Meskipun bawang putih memiliki kekuatan untuk menurunkan LDL tetapi tidak memiliki efek berarti bagi HDL / kolesterol baik sehingga anda akan tetap sehat. Juga produksi insulin bisa dipacu dengan rutin mengkonsumsi bawang putih setiap hari dimana peningkatan insulin ini akan mengurangi kadar gula dalam darah.

4/ Bawang putih dapat mengurangi berat badan

Beberapa riset telah berhasil menemukan bahwa zat anti inflamasi yang terkandung dalam bawang putih ampuh membantu mengatur sel-sel lemak yang terbentuk dalam tubuh anda. Obesitas atau berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahapan ini akan mengubah pre-adiposit menjadi sel-sel lemak / adi-pocytes melalui sistem inflamasi. Zat vinyldithiin yang terdapat dalam bawang putih ampuh membantu menghambat terjadinya proses inflamasi yang tentu saja bagus untuk mencegah berat badan.

5/ Menghilangkan sakit gigi

Dalam kondisi yang kritis bawang putih yang telah dipisahkan dengan kulitnya memiliki manfaat untuk menghilangkan sakit gigi. Dimana diketahui bahwa sakit gigi disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada sela-sela gigi namun ini bisa dihilangkan oleh sifat anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih sehingga bisa berfungsi membasmi bakteri penyebab sakit gigi yang juga dibantu oleh kandungan analgesik ampuh untuk mengurangi rasa sakit.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel