Buah Nanas Mampu Bikin Dietmu Semakin Mantap!

6 Oct 2022 16:45 615 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Diet Sehat Bisa Diperoleh Dengan Memanfaatkan Kulit Buah Nanas

Buah nanas adalah salah satu jenis buah yang memiliki nama latin yaitu Ananas Comocus. Buah ini hanya bisa tumbuh di negara yang mempunyai iklim tropis termasuk ke dalam keluarga Bromeliaceae. Daging buah nanas memiliki rasa manis, banyak air dan segar saat dimakan sebagai buah meja juga di dalamnya banyak mengandung nutrisi salah satunya adalah bisa dijadikan sebagai pilihan buah untuk diet. Berikut di bawah ini adalah penjelasan manfaat kulit buah nanas untuk diet.

1/ Membakar lemak menjadi lebih cepat

Pada kulit buah nanas yang bersisik terkandung enzim yang bernama Bromelain adalah salah satu enzim yang bekerja untuk memecah protein dan mempercepat penyerapan bagi nutrisi. Enzi mini memegang peranan penting untuk membakar lemak menjadi lebih cepat.

2/ Membuat lebih cepat kenyang

Sebagai salah satu jenis buah yang mempunyai kandungan serat dan air dalam jumlah besar pada daging dan kulit buahnya, nanas memberikan efek lebih cepat kenyang ketika dikonsumsi. Kandungan serat yang tinggi dan jumlah air yang besar akan bekerja secara maksimal menghadirkan rasa kenyang lebih cepat apabila dikonsumsi sebelum makan besar. Ini akan menyebabkan nafsun makan menjadi terkontrol dan dapat membantu diet menjadi berhasil.

3/ Membuat pencernaan menjadi lebih sehat

Kandungan Bromelain dan serat dalam kulit buah nanas membantu dalam membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Keduanya memegang peranan penting dalam memecah protein lalu membantu proses penyerapan nutrisi dalam tubuh. Pencernaan yang baik dan sehat tentunya akan membantu mengurangi rasa kembung dan menurunkan berat badan.

4/ Menghidrasi tubuh

Pada kulit buah nanas yang bersisik terdapat 80 persen kandungan air dimana angka ini tergolong cukup tinggi untuk suatu buah. Terhidrasinya tubuh seseorang dalam jumlah yang mencukupi maka akan menurunkan keinginan untuk makan dalam jumlah besar. Dari sini kulit buah nanas memegang peranan penting untuk membantu program diet.

Bagaimana Cara Mengolah Kulit Nanas Untuk Diet

Apabila anda ingin mengetahui cara mengolah kulit buah nanas untuk diet, silahkan menyimak langkah-langkah berikut di bawah ini :

  • Siapkan satu buah nanas yang telah matang di pohon.
  • Kuliti buah ini yaitu pisahkan daging buah dengan kulitnya lalu cuci bersih keduanya. Untuk kulit buah nanas rendamlah dalam 1 liter air bersih.
  • Setelah rendaman dirasa cukup maka panaskan di atas kompor dengan menambahkan kayu manis sesuai selera.
  • Jika sudah mendidih matikan kompor.
  • Tunggu hingga air menjadi dingin kemudian saring air kulit buah nanas dan siap untuk diminum (dua kali sehari yaitu pagi dan petang menjelang tidur).

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel