Inilah Beberapa Daerah Penghasil Nikel di Indonesia

26 Sep 2022 16:20 435 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah Beberapa Daerah Penghasil Nikel Di Indonesia

Nikel adalah salah satu bahan tambang yang menyimpan banyak fungsi dan sangat berguna untuk mendukung kehidupan manusia. Bikel memiliki struktur yang keras, mudah ditempa dan dibentuk, ulet serta mempunyai warna yang menarik yaitu keperakan. Sifat nikel sangat mudah menghantarkan panas serta mudah pula dalam menghantarkan listrik. Sehingga tidak mengherankan jika nikel memiliki fungsi utama sebagai bahan logam paduan. Biasanya nikel akan dipadukan dengan besi dan kromium yang nantinya akan menghasilkan baja yang tahan dari karat dimana kandungan nikel yang digunakan rata-rata kisaran angka 8 persen hingga 12 persen.

Nikel bisa ditemukan di beberapa negara di dunia seperti Australia, Cubba dan Kaledonia Baru. Beberapa negara di Asia Tenggara juga menghasilkan nikel yang berkualitas. Negara penghasil nikel terbesar di dunia adalah Filipina dan Indonesia. Kulaitas nikelnya tidak kalah bagus dengan nikel yang berasal dari negara lain dan sudah memasuki pasar ekspor, meskupun kedua negara tersebut termasuk ke dalam kelompok negara berkembang.

Nah berbicara tentang nikel, tentu erat sekali hubungannya dengan daerah-daerah penghasil nikel di Indonesia yang kebanyakan berasal dari daerah Sulawesi, diantaranya adalah sebagai berikut di bawah ini.

1/ Daerah Luwu Timur, Sulawesi Selatan

Salah satu tempat yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan ini terkenal akan penghasil nikel dalam jumlah besar. Luwu Timur adalah hasil dari pengembangan daerah Luwu yang sebelumnya masih bersatu. Di sini bisa dengan mudah menemukan pertambangan nikel yaitu di wilayah Nuha dan Malili.

 

2/ Daerah Kolaka, Sulawesi Tenggara

Tidak hanya di Sulawesi Selatan saja, di Provinsi Sulawesi Tenggara juga banyak ditemukan daerah penghasil nikel tepatnya di wilayah Kolaka. Kolaka menjadi cukup terkenal sebagai salah satu daerah penghasil nikel dan mempunyai cadangan nikel terbanyak di Sulawesi Tenggara. Pusat pertambangan nikel di Kolaka bisa ditemukan di Pomala dan Latambaga.

 

3/ Morowali, Sulawesi Tengah

Morowali adalah satu-satunya tempat di Sulawesi Tengah yang mempunyai ketersediaan nikel terbesar di Indonesia. Oleh karena itu tak mengherankan jika Morowali banyak diperebutkan oleh perusahaan pertambangan besar dari Indonesia dan mancanegara. Pertambangan nikel di daerah ini terpusat di Petasia Timur, Bungku Pesisir, Bungku Timur, Bahadopi dan Kepulauan Menui.

 

4/ Halmahera Timur, Maluku Utara

Pertambangan nikel tidak hanya terdapat di Sulawesi saja melainkan juga menyebar hingga Kepulauan Maluku tepatnya di daerah Halmahera Timur. Bukanlah hal yang asing jika pertambangan nikel menjadi sumber perekonomian utama bagi Kepulauan Maluku. Pertambangan nikel bisa ditemukan di Maba dan Wasile. Kedua tempat tersebut menjadi tempat penghasil nikel terbesar di Maluku.

 

5/ Pulau Ternate, Obi dan Pulau Gebe, Maluku Utara

Ketiga pulau ini berada di daerah Maluku Utara yang menjadi wilayah menghasilkan nikel terbesar di Kepulauan Maluku dan hasilnya sudah diekspor ke beberapa negara di Asia seperti Korea, Jepang, Tiongkok, Filipina dan lain sebagainya. Kegiatan ekspor dalam jumlah besar ini sudah pasti dapat meningkatkan perekonomian di Kepulauan Maluku.

 

 

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 56
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel