Mau Mendaki Gunung Semeru? Pendaki Pemula Wajib Baca Ini!

10 Oct 2022 16:55 477 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Fakta Yang Perlu Diketahui Oleh Pendaki Pemula Seputar Gunung Semeru

Ada beberapa gunung berapi di Indonesia yang hingga saat ini berada dalam kondisi masih aktif. Salah satu gunung yang dimaksudkan adalah Gunung Semeru. Nah untuk dapat mengetahui lebih lanjut karakteristik dari Gunung Semeru, berikut ini kami berikan beberapa fakta menarik yang perlu diketahui.

1/ Secara administratif Gunung Semeru masuk ke dalam dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang yang berada di provinsi Jawa Timur.

2/ Gunung Semeru atau GUnung Meru adalah salah satu gunung yang mempunyai tipe berapi kerucut dan termasuk gunung paling tinggi di Pulau Jawa. Tingginya bisa mencapai angka 3.676 meter di atas permukaan laut dengan puncaknya bernama Mahameru.

3/ Gunung Semeru terbentuk sebagai akibat adanya subduksi lempeng Indo-Australia ke arah bawah lempeng Eurasia.

4/ Tercatat tim pendaki pertama gunung ini adalah orang-orang berkebangsaan Eropa bernama Clignet dan Winny Brigita pada tahun 1838 dimana diketahui bahwa mereka berdua merupakan ahli geologi berkebangsaan Belanda.

5/ Karena gunung ini termasuk salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa maka rata-rata suhu pada bagian puncak gunung bisa mencapai angka 5-10 derajat C. Sedangkan pada musim kemarau suhu udara bisa mencapai angka 0 derajat C.

6/ Tercatat letusan Gunung Semeru pertama kali terjadi pada tanggal 8 November 1818 dan sejak abad ke-19 Masehi telah terjadi letusan sebanyak 20 kali.

7/ Sebagai salah satu gunung berapi yang aktif, tidak heran jika pendakian ke Gunung Semeru sering mengalami kondisi buka tutup terutama jika status gunung sedang dalam kondisi tidak baik. Meskipun begitu gunung ini tetap mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam dan memiliki salah satu jalur favorit para pendaki yang dimulai dari basecamp Ranu Pani sampai dengan pos Kalimati.

8/ Umat Hindu di Indonesia percaya jika Gunung Semeru merupakan tempat tinggal bagia para dewa. Tidak mengehrankan jika Gunung Semeru dianggap sebagai tempat suci. Bahkan ada yang menghubungkannya dengan Gunung Agung yang berada di Pulau Bali.

9/ Bagi para pendaki, mencapai puncak gunung ini adalah suatu keberhasilan yang membanggakan diri sendiri tetapi puncak gunung ini tergolong berbahaya sehingga para pendaki hanya diperbolehkan untuk mendaki hingga pos Kalimati saja.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel