Resep Ice Tea Tamarind, Rasanya Nano-Nano Banget!

17 Oct 2022 16:25 625 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Rasa Nano-Nano Yang Ramai, Ada Asam, Manis Dan Menyegarkan, Inilah : Resep Ice Tea Tamarind

Tamarind atau di Indonesia dikenal dengan nama asam jawa adalah salah satu bahan masakan yang rasanya unik dan khas yaitu segar dan asam seperti nama yang diberikan. Ini adalah termasuk ke dalam salah satu rempah yang menjadi bahan penyedap membuat sayur asem di Jawa. Selain memiliki rasa yang masam, ciri khas lainnya dari masakan yang menggunakan asam jawa adalah memberikan warna yang gelap seperti warna dari daging buah ini yang saat matang berwarna cokelat gelap. Buah asam jawa yang sudah matang di pohonnya berbentuk seperti kacang raksasa dimana di daerah Minang asam jawa dikenal dengan nama asam kandis yang digunakan sebagai salah satu rempah penyedap beragam jenis masakan Minang. Asam jawa memiliki jenis yang lainnya seperti asam gelugur, asam sunti ataupun asam patikala.

Berbicara tentang asam jawa, ternyata bahan yang satu ini kerap dimanfaatkan sebagai bahan utama membuat minuman jenis tradisional yang membuat tubuh menjadi bugar misalnya saja minuman tradisional yang diberi nama gula asam merupakan racikan dari air, garam, madu dan asam jawa. Melalui resep kami kali ini akan merekomendasikan salah satu resep minuman segar lainnya yang menggunakan asam jawa sebagai bahan utama diberi nama ice tea tamarind, salah satu minuman menyegarkan yang membuat anda ingin segera mencobanya.

Inilah Tips Menjadikan Ice Tea Lebih Nikmat

Apakah anda adalah penyuka minuman yang diracik dari teh ? Salah satu contohnya adalah teh hitam yang mempunyai karakteristik rasa yang kuat bisa dipilih menjadi bahan dasar pembuatan ice tea. Gunakan SariWangi Teh Asli yang biasanya memakai jenis teh hitam. Teh hitam menyuguhkan karakter kuat yang kehadirannya akan semakin mantap dengan menggunakan bahan-bahan tambahan terlebih dengan adanya campuran asam jawa yang mendominasi rasa minuman.

Perhatikan metode penyeduhan yang tepat adalah dengan menggunakan air panas sesuai dengan aturan lalu tambahan bahan-bahan lainnya yang umum digunakan sebagai padu-padan mendapatkan secangkir minuman segar yang menyehatkan dan sifatnya tradisional seperti ada rasa wangi, masam, manis dan pahit dari serai, asam jawa, gula merah dan kulit jeruk nipis. Tahapan berikutnya adalah anda pastilah tergoda untuk segera mencemplungkan es batu ke dalam gelas saji yang berisikan minuman teh tersebut di atas sehingga terciptalah segelas ice tea yang nikmat diseruput kapan saja. Jangan lupa tunggu hingga air racikan teh dalam keadaan dingin barulah ditambahkan dengan es untuk menghilangkan rasa pahit karena pada dasarnya teh sama dengan minuman kopi jika dalam keadaan panas cenderung berasa pahit. 

Resep Ice Tea Tamarind

Bahan utama yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • 1200 ml air
  • 6 batang serai
  • 50 gram asam jawa
  • 4 sdm gula merah sisir
  • 2 kantung SariWangi Teh Asli
  • 2 sdm madu
  • Es batu secukupnya saja

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

1/ Didihkan air bersama dengan serai, asam jawa dan gula merah. Kecilkan api kemudian masak selama 15 menit atau bahan tercampur dengan merata bersama dengan air. Angkat.

2/ Masukkan SariWangi Teh Asli ke dalamnya kemudian diamkan selama 3 menit lalu saring airnya dan tambahkan madu lalu aduk-aduk kembali.

3/ Biarkan hingga tidak panas barulah tuang ke dalam gelas saji yang sudah diisi dengan es batu. Untuk 4 porsi yang membutuhkan waktu membuat rata-rata 15 menit.

Selamat mencoba.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel