Mengelola Keuangan Rumah Tangga Menggunakan Teknik Kakeibo Ala Orang Jepang

19 Oct 2022 16:25 360 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengelola Keuangan Rumah Tangga Dengan Menggunakan Teknik Kakeibo Ala Orang Jepang

 

Seperti diketahui bahwa mengelola keuangan rumah tangga tentulah membutuhkan startegi tertentu agar semua kebutuhan terpenuhi. Ada beberapa cara yang dapat anda terapkan yaitu salah satunya adalah mengaplikasikan sistem mengelola keuangan rumah tangga ala orang jepang bernama kakeibo. Yang dimaksud dengan kakeibo adalah salah satu tehnik mengatur uang yang pada dasarnya mencatat setiap detail pengeluaran anda. Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang jurnalis asal Jepang bernama Hani Motoko tahun 1904 dan sudah banyak dipraktikkan oleh para ibu-ibu zaman dahulu yang biasanya bertindak sebagai bendahara atau menteri keuangan dalam rumah tangga mereka masing-masing. Kini kakeibo menjadi semakin populer  setelah sukses dirilisnya sebuah buku yang berjudul : “Kakeibo : The Japanese Art of Savinf Money” karya seorang penulis Jepang bernama Fumiko Chiba. Buku ini di dalamnya membahas mengenai masalah kakeibo dalam Bahasa Inggris dan banyak dishare melalui beberapa media sosial di internet.

Sebenarnya teknik kakeibo cukup sederhana yaitu setiap awal bulan atau saat baru menerima gaji, anda merencanakan secara cermat uang yang akan anda habiskan sebulan ke depan. Bagi rencana pengeluaran anda ke dalam empat kategori yaitu sebagai berikut :

1/ Kelompok pengeluaran primer

Ini adalah kelompok pengeluaran dasar yang wajib anda lakukan dimana jika tidak terpenuhi maka bisa mengganggu aktivitas harian. Apa sajakah itu ? Transportasi, makan, listrik, cicilan rumah dan lain sebagainya.

2/ Kelompok pengeluaran sekunder

Ini adalah kelompok pengeluaran yang memiliki sifat tidak wajib dipenuhi dan biasanya berupa pilihan dan dapat ditunda kapan saja. Misalnya adalah pakaian, ponsel, hangout dan lain sebagainya.

3/ Kelompok kultur

Ini adalah kelompok pengeluaran yang memiliki sifat fun, yang dilakukan untuk menambah wawasan seperti membeli buku, nonton film, konser, teater dan lain sebagainya.

4/ Kelompok pengeluaran ekstra

Ini adalah kelompok pengeluaran tambahan yang memiliki sifat mendadak atau tak terduga misalnya adalah obat-obatan, biaya bengkel mobil atau motor dan lain sebagainya.

Jika dibutuhkan, siapkan uang tunai dan bagi uang tersebut dalam amplop berbeda untuk masing-masing kategori. Kemudian catat setiap detail pengeluaran anda setiap hari dalam sebuah buku. Di akhir bulan, hitung pengeluaran anda lalu lihatlah pos mana yang berhasil anda hemat, pos yang ternyata mengeluarkan uang lebih dari yang anda anggarkan, hal-hal tak berguna apa yang anda beli dan buat perencanaan yang lebih matang pada bulan mendatang. Apabila waktu sebulan terlalu lama untuk menganalisa, anda bisa melakukan review setiap akhir pekan sehingga anda bisa mengarahkan pengeluaran dengan benar.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel