Kenali Tanda-Tanda Ketika Bayi Anda sedang Tumbuh Gigi

10 Oct 2022 12:55 187 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tanda Yang Bisa Dikenali Ketika Bayi Anda Sedang Tumbuh Gigi

Tidak ada patokan yang pasti kapan gigi pertama anak akan muncul. Rata-rata bayi mulai tumbuh gigi ketika mulai menginjak usia 4 hingga 7 bulan. Namun ditemukan beberapa bayi yang dapat saja mulai tumbuh gigi lebih cepat maupun lebih lambat. Beberapa anak bisa saja mempunyai gigi sejak lahir, ada yang baru mulai tumbuh gigi padahal sudah akan mulai MPASI (makanan pendamping ASI) sekitar 6 bulan da nada pula mulai tumbuh gigi padahal sudah menjelang usia 12 bulan. Masing-masing anak bisa saja berbeda soal waktu pertama tumbuh gigi. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi namun sebaiknya para orangtua mengenali terlebih dahulu ciri-ciri bayi tumbuh gigi.

1/ Rewel serta sering menangis di malam hari

Tumbuh gigi pada bayi anda seringkali menimbulkan rasa kurang nyaman bagi bagi bersangkutan, membuatnya resah dan rewel. Bayi memang merasa paling kesakitan saat gigi pertamanya mulai tumbuh, ini karena ada proses peradangan saat ada sesuatu yang tumbuh dari dalam gusi. Terutama jika yang tumbuh adalah gigi geraham yang memiliki ukuran besar. Rasa nyeri bisa diikuti dengan adanya peningkatan suhu tubuh namun tidak sampai menimbulkan demam tinggi.

2/ Banyak mengeluarkan liur

Ketika bayi tumbuh gigi, tubuh mereka akan bereaksi memproduksi air liur lebih banyak. Secara teori pertumbuhan, kelenjar air liur bayi mencapai kemampuan tumbuh dengan optimal saat bayi memasuki usia 3 hingga 4 bulan. Bila para orangtua kuatir karena bayi sering mengiler dan beresiko tersedak air liurnya maka konsultasikan dengan dokter.

3/ Bayi memiliki pipi yang memerah

Beberapa bayi mengalami pipu kemerahan ketika giginya mulai tumbuh. Tentunya diiringi dengan gejala yang lain misalnya demam. Kulit pipi kemerahan dapat disebabkan oleh produksi air liur yang berlebihan dimana air liur mereka akan membasahi pipi sehingga mudah mengiritasi kulit.

4/ Lebih sering minta minum ASI atau menolak ASI

Bayi yang sedang tumbuh gigi mulai merasa kurang nyaman di sekujur tubuhnya. Proses tumbuhnya gigi bukan hanya menyebabkan sakit pada bagian gusi, namun juga seluruh badan disebabkan reaksi tubuh yang tengah melawan radang.

5/ Selera makannya turun

Di samping rewel sebagai akibat sekujur tubuh yang tidak nyaman, bayi juga mengalami penurunan nafsu makan.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel