Camilan Enak Sore Hari, Inilah Resep Kue Klepon Unti

13 Oct 2022 14:35 476 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Camilan Enak Sore Hari, Inilah Resep Kue Klepon Unti

Suka dengan kue basah bernama kue klepon ? Melalui artikel kami kali ini akan merekomendasikan salah satu resep yang unik dan patut untuk dicoba yaitu membuat kue klepon dengan isian berupa gula merah yang dicampur dengan Bango Kecap Manis.

Sebagai penyuka kue-kue tradisional zaman orangtua kanak-kanak dahulu, klepon mungkin termasuk diantara salah satu jenis kue tradisional yang jarang dibuat di rumah. Mengapa ? Karena terkesan repot dan sulit tetapi sebetulnya rasanya akan puas sekali kalau anda bisa menghasilkan klepon yang kenyal, legit dan juicy di dalamnya. Bahan membuat klepon akan diisikan dengan unti kaya rasa yaitu gula merah bercampur kecap manis akan menghasilkan cita rasa akhir yang lezat dan khas. Pastilah anda bakal penasaran dan tertarik untuk mengetahui cara membuat kue klepon ketan yang enak ini.

Seperti dijelaskan tersebut di atas, isian unti adalah berupa parutan kelapa yang dibumbui. Juga ada tambahan yaitu adonan dasar kue diberi pewarna alami dari daun suji yang memberikan warna klepon hijau cantik semakin menggoda untuk mencicipi karena daun suji akan memberikan aroma wangi pada hasil akhir kue yang dimasak sendiri di rumah.

Resep Kue Klepon Unti

Bahan utama yang harus disediakan adalah sebagai berikut :

  • 250 gram tepung ketan
  • 50 gram tepung beras
  • 2 sdm air kapur sirih
  • 1 sdt garam
  • 225 ml air
  • 15 lembar daun pandan potong-potong

Bahan membuat unti adalah sebagai berikut :

  • 100 gram kelapa parut
  • 3 sdm Bango Kecap Manis
  • 50 gram gula merah sisir
  • 2 sdm air

Bahan untuk taburan kelapa adalah sebagai berikut :

  • 150 gram kelapa muda diparut dan kukus
  • ½ sdt garam

Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

1/ Adonan dasar klepon : blender daun pandan dan air kemudian saring dan sisihkan.

2/ Aduk-aduk rata tepung beras, tepung ketan, air kapur sirih dan garam. Tambahkan air daun pandan perlahan-lahan sambil diaduk rata. Tuang sisa air lalu aduk-aduk kembali hingga menjadi adonan kalis. Sisihkan.

3/ Unti : panaskan kelapa parut, gula merah dan Bango Kecap Manis sambil terus diaduk-aduk hingga gula larut dan air meresap. Angkat dan sisihkan.

4/ Ambil ½ sdm adonan klepon, pipihkan lalu letakkan ½ sdt isi unti kelapa ke bagian tengahnya. Tutup dan bulatkan. Ulangi hingga adonan habis, sisihkan.

5/ Rebus air lalu masukkan klepon secara bertahap. Masak hingga klepon mengapung kemudian angkat dan tiriskan, sisihkan.

6/ Taburan kelapa : aduk rata kelapa parut kukus dengan garam. Gulingkan klepon matang ke bagian atas taburan kelapa hingga klepon terselimuti rata dengan kelapa parut. Sajikan hangat untuk 20 porsi yang membutuhkan waktu memasak selama 1 jam 30 menit.

Selamat mencoba.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel