Khasiat Bunga Teratai Sebagai Media Herbal

7 Oct 2022 10:34 438 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apa Saja Khasiat Dari Tanaman Bunga Teratai Sebagai Media Herbal

Seperti diketahui bahwa tumbuhan teratai selain dikenal sebagai salah satu tanaman hias yang bagus diletakkan dalam kolam ikan di pekarangan rumah anda, juga bermanfaat sebagai makanan dan obat herbal. Contohnya adalah akar tanaman dan biji bunga teratai dapat dimakan dengan cara ditumis menjadi sayur atau dibuat kolak yang bisa dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti jamur atau kismis.

Sejak lama orang India telah memanfaatkan tanaman hias teratai sebagai bumbu memasak beragam jenis hidangan lauk teman makan nasi dan juga digunakan sebagai bahan utama untuk membuat jamu tradisional. Teratai tumbuh dengan subur di daerah perairan yang mengeluarkan bunga berukuran besar, sedang dan kecil dengan warna yang bermacam-macam seperti ada teratai biru, teratai merah atau teratai putih. Daun dan bunga teratai akan tampak di permukaan air tetapi akarnya tenggelam di dasar perairan dikarenakan teratai mempunyai tangkai yang panjang.

Teratai mempunyai ciri khusus yang mudah dikenali yaitu terdapat rongga-rongga udara pada tangkai yang sudah berusia tua dan juga rongga yang sama terdapat dalam akar teratai. Manfaat rongga udara ini adalah untuk membantu pernafasan teratai di dalam lumpur berair yang juga membantu teratai tampak indah mengapung di atas permukaan air meskipun akar tanaman ini menancap taham di dasar air. Jadi dapat disimpulkan bahwa bunga teratai tidak semata mengambang di atas air melainkan tumbuh dari dasar air dimana tangkai daun cenderung tumbuh menjalar sehingga helai daun selalu terlihat mengapaung.

Manfaat Tumbuhan Teratai Sebagai Makanan Dan Obat Herbal

1/ Sebagai makanan

Selain tanaman ini indah dipandang mata sehingga berfungsi sebagai tanaman hias yang banyak memiliki penggemar, ternyata biji buah teratai atau dari jenis tanaman lotus bisa dimakan dengan diolah menjadi beragam camilan. Di Negara Kamboja, biji teratai biasanya dijual dengan kisaran harga antara 0,5 sampai 1 dollar AS setiap satu tangkai. Pada masing-masing tangkai terdapat sekumpulan biji-biji yang berada di bagian tengahnya. Untuk dapat memakannya anda harus mengupas kulit luarnya terlebih dahulu. Warma masyarakat Kamboja sangat suka memakan biji bunga lotus ibarat sebagai camilan biasa.

Di daerah gulu sungai utara di Kalimantan Selatan ada jenis teratai yang buah / bijinya bisa dimakan yaitu dikenal dengan nama buah palilak. Untuk dapat memakannya anda harus berhati-hati karena tangkainya berduri halus. Buah palilak baru bisa diambil sebagai bahan makanan ketika seluruh kelopak bunga telah rontok dan berubah warna menjadi hijau muda. Sedangkan daunnya dapat digunakan sebagai pembungkus makanan yang memberikan aroma segar.

2/ Sebagai obat tradisional

Manfaat tumbuhan teratai yang kedua adalah sebagai obat. Di China dan India daun teratai digunakan sebagai obat herbal untuk penurun panas. Daun teratai muda ini memiliki cita rasa pahit tetapi bermanfaat untuk merangsang pembukaan pori-pori kulit sehingga mampu memperlancar pengeluaran keringat dari dalam tubuh. Akibatnya adalah panas badan akan menjadi turun. Batang teratai muda juga bisa digunakan sebagai obat tradisional yaitu dengan cara direbus dan air hasil rebusan bisa diminum. Air ini ampuh untuk menghilangkan gangguan lambung, melancarkan buang air kecil dan mengatasi disentri. Akar teratai putih bisa dimanfaatkan sebagai tepung yang memberikan cita rasa manis. Tepung akar teratai bisa difungsikan sebagai obat sariawan dan juga bagus untuk menguatkan jantung dan menyehatkan lambung.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel