Anak Malas Sikat Gigi? Mungkin Anda belum Melakukan Hal Berikut

11 Oct 2022 16:40 364 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana Agar Anak Mau Sikat Gigi ?  Lakukan Tips Ini

Sebelum anak anda berusia 1 tahun, pemakaian pasta gigi belumlah perlu karena anak belum bisa mengkonsumsi makanan padat. Setelah umur 1 tahun, saat anak-anak mulai makan makanan padat maka di sini diperlukan pasta gigi untuk dapat melepas perlekatan sisa makanan di permukaan gigi. Biasakan anak-anak anda untuk menyikat gigi 2 kali dalam sehari sebagai sebuah kebiasaan. Pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur sehingga anak-anak akan merasa ada sesuatu yang kurang jika belum menggosok gigi terutama pada waktu malam sebelum tidur. Kebiasaan menyikat gigi merupakan bekal bagi anak untuk mempunyai gigi sehat hingga dewasa kelak. Nah tersebut di bawah ini kami berikan 5 cara yang bisa anda lakukan agar anak-anak mau dan rajin sikat gigi. 

1/ Biarkan anak memilih sendiri sikat giginya

Ajaklah anak anda ke supermarket atau libatkan anak jika belanja di toko online untuk bisa memilih sendiri sikat gigi dan pasta gigi dengan desain dan warna menarik yang mereka sukai. Sebelumnya anda bisa membuat beberapa pilihan sikat gigi yang terbuat dari bahan-bahan yang aman dan nyaman, mempunyai ujung kepala bulat dan kecil, ukuran sesuai serta memiliki bulu-bulu sikat yang lembut dan pegangan yang mantap. Hindari memilihkan sikat gigi dengan pegangan yang licin karena bisa mengejutkan dan melukai mulut anak. Belikan sikat gigi baru minimal setiap 3 bualn sekali atau pada saat sikat sudah mulai rusak.

2/ Belikan pasta gigi khusus untuk anak

Pasta gigi untuk balita disarankan yang mengandung sedikit fluoride dan bebas detergen serta tidak mengandung pemutih sehingga tidak berbahaya bila ditelan oleh anak-anak yang belum mampu berkumur dengan baik. Pilihkan pasta gigi anak yang tidak pedas da nada cita rasa buah-buahan. Hindari menggunakan pasta gigi dalam jumlah yang berlebihan yaitu secukupnya saja, kira-kira seujung kuku atau sebesar biji lalu ratakan.

3/ Menyikat gigi yang benar

Sikatlah seluruh permukaan gigi dengan melakukan gerakan sikat pada bagian gigi depan dilakukan dengan gerakan pelan-pelan menyapu ke atas dank e bawah juga bagian luar gigi kiri dan kanan dengan gerakan berputar. Bersihkan gigi bagian dalam dan permukaan gigi. Supaya menjadi lebih efektif, ajari anak-anak sikat gigi di depan cermin sehingga mereka bisa melihat cara menyikat gigi yang benar.

4/ Ciptakan suasana fun

Ketika menyikat gigi, lakukan sekitar dua menit sambil diiringi dengan menyanyikan lagu yang disukai anak anda. Jadikan gerakan-gerakan menyikat gigi seirama dengan lagu yang didendangkan atau sambil ceritakan dogeng seputar kuman yang menyerang mulut jika malas sikat gigi dan kesatria baik hati akan menolong jika anak rajin sikat gigi.
 
Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel