Mengenal Pasar Online Lebih Dekat Lagi

22 Sep 2022 10:50 302 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dengan adanya teknologi yang modern, kita dapat berbelanja tanpa harus ke toko secara langsung

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Sejak dulu, jika kita ingin membeli sesuatu kita harus pergi ke pasar. Di era modern ini tidak semua orang memiliki kebebasan waktu untuk pergi ke pasar. Ada yang sibuk bekerja, sibuk menuntut ilmu, dsb. Oleh karena itu, kini hadir pasar online yang bisa diakses oleh semua orang. Nama pasar ini disebut dengan e-commerce. Beberapa dari kalian mungkin masih terdengar asing tentang tempat jual beli barang yang satu ini. Tak usah khawatir karena kita akan membahasnya disini.

PENGERTIAN

E-commerce adalah kegiatan perdagangan yang dilakukan melalui media elektronik. E- commerce biasanya banyak terjadi pada internet, namun di televisi dan telepon pun tersedia. E-commerce merupakan bagian dari bisnis elektronik dimana mencakup bisnis elektronik yang lebih luas.

SEJARAH SINGKAT

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat banner elektronik pertama kali dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu web. Menurut Riset Forrester, e-commerce menghasilkan penjualan seharga $12 miliar pada tahun 2003.

JENIS-JENIS E-COMMERCE

  • Business-to-Business (B2B)

B2B adalah jenis e-commerce dimana satu perusahaan menjual produk atau layanan ke perusahaan lain. Jenis ini pembeli biasanya memesan barang dalam kuantitas atau jumlah yang banyak.

  • Business-to-Consumer (B2C)

B2C adalah jenis e-commerce dimana perusahaan menjual produk atau layanan kepada konsumen. Biasanya konsumen B2C hanya terlibat dalam industri ritel.

  • Consumer-to-Consumer (C2C)

C2C adalah jenis e-commerce dimana satu orang menjual produk atau layanan kepada orang lain. Secara kasar, C2C adalah transaksi online antar 2 orang.

  • Consumer-to-Business (C2B)

C2B adalah jenis e-commerce dimana satu orang menjual produk atau layanan kepada perusahaan. Jenis e-commerce ini merupakan kebalikan dari B2C dimana perusahaan yang menjual produk atau layanan kepada konsumen.

  • Business-to-Government (B2A)

B2A adalah jenis e-commerce dimana perusahaan menjual produk atau layanan kepada suatu instansi pemerintah. Jenis e-commerce ini serupa dengan jenis B2B namun pelakunya adalah perusahaan dan instansi pemerintah.

  • Costumer-to-Government (C2A)

C2A adalah jenis e-commerce dimana satu orang menjual produk atau layanan kepada suatu instansi pemerintah. Jenis e-commerce ini jarang ditemukan, jenis transaksi yang terjadi biasanya jasa.

MANFAAT

  • Jangkauan yang Luas

Dengan e-commerce, konsumen yang jauh bahkan beda benua pun bisa saling terhubung dan bisa bertransaksi seolah penjual dan konsumen berada di satu tempat. Perusahaan pun dapat menjual produk mereka kepada konsumen yang berada di kota, negara, bahkan benua yang berbeda.

  • Pengurangan Biaya Infrastruktur

Perusahaan tak perlu menginvestasi uang yang cukup besar untuk infrastruktur dengan adanya e-commerce.

  • Tak Ada Batasan Waktu

E-commerce memungkinkan konsumen untuk membeli sebuah produk atau layanan jasa meskipun toko dari produk atau layanan jasa tersebut sudah tutup.

  • Menghemat Waktu

E-commerce memudahkan konsumen untuk membeli suatu produk atau layanan jasa karena konsumen tidak perlu untuk pergi ke toko penyedia produk dan layanan jasa tersebut. Konsumen dapat melakukan pekerjaan lain dan melakukan transaksi dalam waktu yang bersamaan.

  • Perbandingan Produk

E-commerce memungkinkan konsumen untuk membandingkan produk atau layanan jasa dengan produk atau layanan jasa yang serupa dengan hanya mengklik.

  • Jauh Lebih Murah

Barang yang dijual di e-commerce rata-rata jauh lebih murah dibandingkan pada toko fisik. Hal ini karena perusahaan penyedia produk atau layanan jasa dapat mengurangi biaya karyawan, listrik, sewa, dll. Dan bagi konsumen tidak perlu membayar ongkos kendaraan dan membayar parkir.

 

Tags

About The Author

Rakhsha 23
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel