Kulkas, Pengertian dan Sejarah Singkatnya

21 Sep 2022 10:40 462 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kulkas menjadi tempat pendinginan makanan yang sering dijumpai disetiap bangunan

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Sejak dahulu, manusia sering menyimpan makanan yang mereka peroleh. Dimulai dari tong hingga bangunan yang khusus dibangun untuk menyimpan makanan. Hingga saat ini, tempat penyimpanan makanan sudah banyak berubah dimulai dari toples, sealware, kotak bekal, dll. Seiring perkembangan jaman dan meningkatnya ilmu pengetahuan, kita menyadari bahwa kita dapat membuat makanan tetap segar dan tahan lama dengan cara mendinginkannya. Disini kita akan membahas mengenai alat pendingin makanan yang sering kita temui di banyak rumah yaitu lemari pendingin atau yang sering disebut dengan kulkas.

PENGERTIAN

Kulkas, adalah peralatan komersial dan rumah tangga yang terdiri dari kompartemen berinsulasi termal dan pompa panas (mekanis, elektronik atau kimia) yang memindahkan panas dari dalam ke lingkungan eksternal sehingga bagian dalamnya didinginkan hingga suhu di bawah suhu suhu ruangan. Pendinginan adalah teknik penyimpanan makanan penting di seluruh dunia. Suhu yang lebih rendah menurunkan tingkat reproduksi bakteri, sehingga kulkas mengurangi tingkat pembusukan makanan. Kulkas mempertahankan suhu beberapa derajat diatas titik beku air.

Sistem pendingin pertama untuk makanan melibatkan es. Pendinginan buatan dimulai pada pertengahan 1750, dan dikembangkan pada awal 1800. Pada tahun 1834, sistem refrigerasi kompresi uap yang berfungsi untuk pertama kali dibangun. Mesin pembuat es komersial pertama ditemukan pada tahun 1854. Pada tahun 1913, kulkas untuk digunakan di rumah ditemukan. Pada tahun 1923 Frigidaire memperkenalkan unit mandiri pertama. Pengenalan Freon pada tahun 1920 memperluas pasar kulkas selama tahun 1930. Freezer rumah sebagai kompartemen terpisah diperkenalkan pada tahun 1940. Makanan beku, yang sebelumnya merupakan barang mewah, menjadi hal yang wajar.

SEJARAH

  • Pendinginan Kuno

Orang Iran kuno termasuk di antara yang pertama menemukan bentuk pendingin evaporatif besar yang mereka sebut yakhchÄls menggunakan ruang penyimpanan bawah tanah, struktur berkubah besar di atas tanah yang dibuat dengan dinding tebal dan dilengkapi dengan penangkap angin yang disebut "badgirs”.

  • Era Pra-Listrik

Sebelum penemuan kulkas listrik modern, icehouses dan iceboxes digunakan untuk menyediakan penyimpanan dingin alat ini diletakan didekat danau air tawar. Alat ini pun sangat umum dijaman itu. Di daerah pegunungan, salju yang mencair adalah cara yang mudah untuk mendinginkan minuman.

  • Pendinginan Buatan

Pendinginan buatan dimulai saat profesor Skotlandia William Cullen merancang mesin pendingin kecil pada tahun 1755. William menggunakan pompa untuk membuat vakum parsial diatas wadah diethyl ether yang kemudian direbus, dan menyerap panas dari udara disekitarnya. Mesin ini pun membuat sedikit es.

  • Pendinginan Elektrik

Pada tahun 1894 seorang penemu dari Hungaria István Röck mulai untuk membangun kulkas amonia industri yang ditenagai oleh kompresor listrik bersama Esslingen Marchine Works. Pada pameran Milenium 1896, Röck and the Esslingen Machine Works mempersembahkan alat produksi es buatan berkapasitas 6 ton. Dan pada tahun 1906, toko pendiginan besar Hungaria yang pertama dengan kapasitas 3000 ton dan yang terbesar di Eropa dibuka di Tóth Kálmán Street, Budapest.

  • Pendingin Komersil

Pada tahun 1913, pendingin elektrik pertama untuk penggunaan rumahan dan domestik diciptakan oleh Fred W. Wolf dari Fort Wayne, Indiana dengan model yang terdiri atas unit yang dipasangkan diatas ice box. Perangkat pertamanya ini diproduksi selama beberapa tahun kedepan dalam beberapa ratus unit, perangkatnya diberi nama DOMELRE sebuah singkatan dari Domestic Electric Refrigerator.

Tags

About The Author

Rakhsha 23
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel