Cerita Mistis Dibalik Keindahan Panorama Gunung Ter-ANGKER di Indonesia

21 Sep 2022 09:39 641 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cerita Mistis Dibalik Keindahan Panorama Gunung Terangker Di Indonesia

Gunung adalah salah satu bagian dari alam semesta yang rata-rata memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dan memberikan kenikmatan sendiri bagi para pecinta alam ketika berhasil menaklukkan puncak gunung. Meskipun rata-rata semua gunung di alam semesta ini menawarkan pesona alam yang sangat memukau tetapi siapa sangka dibalik keindahannya tak sedikit yang memiliki asumsi bahwa gunung merupakan tempat paling angker dan penuh dengan cerita mistis di dalamnya. Cerita-ceita mistis tersebut tidak hanya berasal dari masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan gunung namun juga dari para pendaki yang sedang melakukan pendakian. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa daftar gunung paling angker di Indonesia yang perlu untuk diketahui agar acara mendaki gunung yang telah anda rencanakan bisa dilakukan dengan persiapan yang matang.

1/ Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa yang mencapai ketinggian sekitar 3.676 mdpl. Ini adalah salah satu gunung yang masih aktif dan banyak dikunjungi oleh para pendaki setiap tahunnya. Ternyata Gunung Semeru menyimpan banyak cerita misteri yang menjadikan gunung ini sebagai salah satu gunung paling angker di Indonesia. Dimulai dari kawasan Arcopoda yang difungsikan sebagai tempat istirahat para pendaki. Di sekitar tempat ini terdapat 2 patung prajurit berusia sangat tua adalah peninggalan dari Kerajaan Majapahityang dikabarkan bisa muncul atau menghilang secara tiba-tiba. Juga ada larangan memancing ikan emas di Danau Ranukumbolo tak jauh dari gunung ini karena adanya keyakinan jika ikan-ikan tersebut merupakan jelmaan dari para dewi penjaga danau. Cerita mistis lainnya yang populer di masyarakat yang tinggal di sekitar hutan yang mengelilingi hutan ini adalah kemunculan sosok seorang gadis desa mengenakan kebaya kuning bernama Dewi Ranukumbolo adalah dewi penjaga salah satu hutan lindung di sini hingga berakhir di bagian puncak dari gunung ini yaitu puncak Mahameru merupakan tempat bersemayamnya para dewa penguasa Gunung Semeru.

2/ Gunung Arjuno

5 Gunung dengan Jalur Pendakian Sabana Terindah di Indonesia - Sinergi  Madura

(https://www.pixabay.com)

Gunung ini terletak di wilayah Kota Batu di Jawa Timur yang mempunyai ketinggian mencapai 3.339 meter di atas permukaan laut, sudah lama dikenal sebagai tempat pemujaan yaitu dimulai pada zaman Kerajaan Singosari hingga Kerajaan Majapahit. Ada banyak cerita mistis yang beredar tentang keberadaan gunung ini di alam semesta. Mulai dari larangan mendaki gunung hingga ke puncak dan berkunjung ke sini dengan orang-orang berjumlah ganjil atau kalau mau mendaki disarankan dengan kelompok dimana di dalamnya ada orang-orang berjumlah genap. Jika teledor dengan melanggar larangan ini maka terdapat mahkluk lain yang akan menggenapkan jumlah pendaki. Salah satu jalur tersulit menuju ke puncak gunung ini adalah sebuah jalur bernama Alas Lali Jiwo. Di sini banyak tumbuh pohon cemara yang memiliki batang berukuran sangat tinggi tetapi dengan daun tidak terlalu rimbun. Namun hati-hati bagi para pendaki yang memiliki niat buruk saat melewati area ini maka mereka akan tersesat dan mendapat gangguan dari mahkluk gaib. Terdapat juga cerita mistis berupa kemunculan secara tiba-tiba pasar tradisional di waktu malam hari dan akan menghilang keesokan harinya. Para pendaki yang pernah mengalami kejadian-kejadian aneh ini biasanya mengaku mendengar suara ramai mirip seperti di pasar.

3/ Gunung Salak

Keindahan yang Penuh Kisah Mistis Di Gunung Salak - Setia Fakta

(https://www.pixabay.com)

Gunung Salak merupakan salah satu jenis gunung yang cukup banyak didatangi oleh para pecinta alam karena mempunyai jalur pendakian yang cukup menantang. Gunung ini terkenal akan cerita-cerita mistis sehingga diyakini oleh masyarakat setempat (orang-orang Sunda) sebagai gunung suci. Konon gunung ini pada zaman dahulu menjadi tempat menghilangnya Prabu Siliwangi sehingga selanjutnya gunung ini dianggap sebagai gunung paling angker di Pulau Jawa dimulai dari kawasan Kawah Ratu yang hampir setiap tahun memakan korban jiwa para pendaki gunung akibat menghirup gas beracun. Warga setempat percaya bahwa arwah korban meninggal ini masih bergentayangan dan menghantui para pengunjung yang lainnya. Tak jauh dari gunung ini terdapat kawasan yang diberi nama kawasan Gunung Sanggul dianggap sebagai tempat bersemayamnya para sesepuh dan jawara yang menguasai ilmu gaib tingkat tinggi. Ada salah satu cerita yang paling populer menyebar dari mulut ke mulut warga masyarakat sekitar tempat ini bahwa apapun yang melintas di atas Gunung Sanggul seperti burung bisa terjatuh secara tiba-tiba dan langsung mati.

4/ Gunung Gede

Wah! Kaki Gunung Pangrango Dibikin Jadi Begini ... - Portal Bolmong

(https://www.pixabay.com)

Gunung Gede adalah salah satu gunung yang lokasinya berada di daerah Jawa Barat dan menjadi gunung keempat paling angker di Indonesia. Di sini tersimpan beragam kisah misteri yang dating dari sesepuh masyarakat yang menetap di sekitar gunung. Terdapat sebuah padang savana yang sangat luas bernama Alun-Alun Suryakencana yang berada pada ketinggian 2.759 mdpl, konon tempat ini disakralkan oleh warga setempat karena pada zaman dahulu menjadi lokasi Pangeran Suryakencana untuk menyepi bersama dengan keluarganya. Bahkan tempat ini pernah menjadi lokasi persembunyian Prabu Siliwangi ketika menghadapi serangan tiba-tiba dari Kerajaan Islam. Kadang-kadang pada hari-hari tertentu muncul bermacam sosok hantu yang kerap mengganggu para pendaki mulai dari kuntilanak di siang hari, raksasa hitam, hantu penunggu gunung dan lainnya. Terkadang hantu-hantu tersebut menyamar sebagai warga setempat sedang mengumpulkan kayu bakar.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 56
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel