Skill yang Harus dimiliki untuk Menjadi Seorang Web Developer

15 Sep 2022 11:00 870 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
struktur dari Web Development

Web Developer adalah Pengembang Web yang bekerja untuk merancang, membuat, dan memelihara situs web dan aplikasi web. Kebanyakan mereka dipekerjakan oleh perusahaan khusus dalam pengembangan perangkat lunak, TI, atau konsultasi komputer. Fokus utama seorang web developer adalah harus selalu menciptakan aplikasi dan layanan web yang konsisten dan efisien.

 

Berikut merupakan struktur dari Web Development:

    Nah yang pertama kita harus mengenal cilent side, cilend side merupkan bahasa pemrograman web yang digunakan oleh penggunanya yang pengolahannya dilakukan oleh komputer atau seperti tampilan awal. Berikut yang merupakan client side:

 HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa markup standar untuk halaman Web. Berfungsi untuk membuat halaman tampilan awal dengan sesuka kita atau sesuai dengan mokup yang ada ataupun juga sesuai dengan project yang kita buat. HTML sangat penting karena ini merupakan dasar dari sebuah web development. Berikut merupakan sebuah website belajar html gratis https://www.w3schools.com/ atau ke https://html.com/ .

CSS (Cascading Style Sheet) adalah bahasa yang kita gunakan untuk menata dokumen HTML, css menjelaskan bagaimana elemen HTML harus ditampilkan. Untuk membuat tampilan html kita tidak terasa kosong kita harus menggunakan css karena di dalam css merupakan pengatur seperti warna dan style-style untuk yang lainnya. Berikut merupakan sebuah website belajar css gratis https://www.w3schools.com/ ataupun bisa mengakses situs https://css-tricks.com/ .

Bootsrap merupakan sebuah frame work dari html di dalam boostrap ini kita bisa menggunakan element-element html yang sudah di style serta membuat kita tidak perlu untuk membuat css secara manual. Bootsrap juga memiliki icon untuk digunakan kita untuk mempercantik tampilan ataupun lain sebagainya. Bootsrap bisa digunkana secara online dengan menggunakan link cdn ataupun mendowload nya di website https://getbootstrap.com/ dan untuk tutorial nya ada di https://www.w3schools.com/ .

Javascript merupakan bahasa pemrograman yang populer di dunia tentunya karena bagaimana tidak javascript dapat selalu digunakan dalam membuat project untuk menggunakan fungsi dan membuat website kita menjadi dinamis. Javascript dapat diakses di situs https://javascript.info/document ataupun di tutorial https://www.w3schools.com/ .

React JS adalah library JavaScript yang biasa digunakan saat membangun UI suatu website atau aplikasi web. Jadi, React JS bisa dianggap seperti perpustakaan yang berisi berbagai kode JavaScript yang sudah tertulis . Sebentar. Dengan JavaScript, Anda dapat membuat tampilan website yang lebih menarik. Berkat kegunaannya, React JS adalah salah satu library yang sangat populer. Untuk tutorial caranya kalina bisa akses di website https://reactjs.org/ .

Nah itu merupakan ke dalam cilent side merupakan penyebutannya programmer yang ahli dalam biidang ini biasanya disebut dengan Frontend Developer yang bertugas untuk mengatur layout ataupun tampilan.

    Nah setelah kita mengetahui hala apa saja yang harus dipelajari dalam cilent side kini kita akan membahas sekilas tentang server side yang berarti sesuai dengan namanya bahwa server side akan berkaitan server. Lalu apa saja yang harus dipelajari? berikut ulasannya:

Python merupakan bahasa pemrograman web yang berjalan dengan menggunakan server documentasi python dapat di akses di https://www.python.org/ ataupun di https://www.w3schools.com/


Django adalah framework web Python tingkat tinggi yang mendorong pengembangan cepat dan desain pragmatis yang bersih. Dibangun oleh pengembang berpengalaman, ini menangani banyak kerumitan pengembangan web, sehingga Anda dapat fokus menulis aplikasi Anda tanpa perlu mengulang kembali. Documentasi django dapat di akses di website https://www.djangoproject.com/


 Node.js adalah platform buatan Ryan Dahl untuk menjalankan aplikasi web berbasis JavaScript yang dikenalkan pada tahun 2009. Dengan platform ini, Anda dapat menjalankan JavaScript dari sisi server. Untuk mendukung kemampuan tersebut, Node.js dibangun dengan engine Javascript V8 milik Google. Documentasi NodeJs dapat di akses di website https://nodejs.org/en/


    MySql
    Mango Db

Nah programmer yang berada dalam ini biasanya disebut dengan Backend Developer.


Apabila programmer ahli di dalam keduanya maka di sebuat juga fullstack developer yang mempunyai gaji tinggi dalam bagian ini.

 

 

Tags

About The Author

rahmat66779@gmail.com 27
Novice

rahmat66779@gmail.com

selalu ceria

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel