4 Khasiat Shampo Merang untuk Kecantikan Rambut yang Alami Berkilau

15 Sep 2022 10:02 1464 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

4 Khasiat Shampo Merang Untuk Kecantikan Rambut Yang Alami Berkilau

Merang adalah salah satu istilah yang dipakai untuk menjelaskan salah satu batang dari tanaman padi. Merang ini sering digunakan sebagai makanan sapi. Beberapa produk perawatan kulit yang dibuat saat ini sudah banyak yang menggunakan bahan dasar dari merang. Karena dalam hal ini merang mempunyai khasiat bagus untuk perawatan rambut. Salah satu yang sedang populer adalah shampoo merang yang telah lama dikenal ampuh untuk merawat rambut yang sedang rusak karena banyak faktor. Biasanya putri di kerajaan yang ada di Pulau Jawa menggunakan merang untuk merawat rambut mereka dan hasilnya sangat nyata yaitu rata-rata putri bangsawan dari keratin Jawa memiliki rambut yang indah, berkilau secara alami dan panjang. Nah jika anda juga menginginkan memiliki rambut yang menawan seperti putri keratin Jawa, gunakan saja shampoo merang yang mempunyai beberapa manfaat seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini.

1/ Untuk menghitamkan rambut

Manfaat shampoo merang yang pertama adalah membantu menghitamkan rambut. Sebelum merang diolah menjadi beragam jenis shampoo merang, pada zaman dahulu wanita keratin mengolah sendiri merang untuk dijadikan sebagai media yang membantu rambut tumbuh berwarna ahitam alami. Cara mengolahnya sangat mudah, beberapa batang merang diletakkan dalam wadah panci / wajan kemudian dibakar hingga hangus. Merang yang hangus kemudian diberi tambahan air bersih dan perasan jeruk nipis. Campuran ini diaduk-aduk hingga benar-benar merata kemudian diekstrak atau diembunkan. Lama waktu untuk mengekstrak sekitar 1 malam. Air bersih pada permukaan tersebutlah yang digunakan untuk mencuci rambut. Ini dilakukan tanpa harus memakai shampoo lagi. Manfaat yang diberikan adalah membuat rambut menjadi hitam dan berkilau jika perawatan yang dilakukan secara rutin / teratur yaitu 3 kali dalam seminggu maka hasilnya akan maksimal.

2/ Mengatasi minyak berlebih

Masalah rambut yang sering dijumpai adalah munculnya kandungan minyak yang berlebihan sehingga rambut menjadi lepek, mudah kotor dan tidak mengembang. Produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala tentau saja akan memunculkan banyak masalah yang mempengaruhi kesehatan rambut. Rambut lepek memicu ketombe muncul di permukaan kulit kepala yang terjadi karena adanya produksi minyak berlebihan pada kulit kepala. Nah dalam hal ini merang dipercaya ampuh mengatasi masalah ini yaitu dengan cara mencuci rambut menggunakan shampoo merang secara teratur 3 kali dalam seminggu maka bermanfaat dalam mengurangi produksi minyak sehingga kulit kepala akan memproduksi minyak dengan jumlah yang normal.

3/ Menjadikan rambut bersih

Manfaat shampoo merang yang ketiga adalah berguna untuk membersihkan rambut dari keringat dan minyak berlebihan. Shampoo merang dalam hal ini berguna untuk membersihkan rambut dari debu dan kotoran lainnya dimana tanpa disadari debu dan kotoran dari lingkungan di luar rumah bisa dengan mudah menempel pada batang rambut. Kondisi ini memang tidak terlihat secara nyata namun jika diabaikan begitu saja akan berpengaruh pada kebersihan rambut. Debu membuat rambut menjadi kotor dan warna rambut menjadi kusam serta rambut mudah kusut. Nah debu dan kotoran yang berasal dari lingkungan di luar rumah bisa ditangkal dengan memanfaatkan shampoo merang untuk keramas. Nutrisi dalam merang membuat debu tidak mudah menempel sehingga membuat rambut tetap bersih hingga tiba waktunya untuk keramas.

4/ Menghaluskan rambut

Sejak zaman dahulu putri keratin Jawa memanfaatkan merang untuk merawat rambut. Karena merang dipercaya dapat membantu memberikan warna hitam alami pada rambut. Dalam hal ini manfaat shampoo merang adalah untuk menghaluskan tekstur rambut. Dahulu, merang digunakan secara langsung untuk keramas yaitu merang padi yang telah dibakar digosok-gosokkan pada rambut yang bisa mengeluarkan busa alami. Busa inilah yang berfungsi sebagai shampoo alami untuk mencuci rambut dimana nutrisi dalam busa akan terserap ke dalam rambut sehingga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan rambut secara alami.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags kecantikan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel