Jerma Kalah Perang Dunia II Karena Beberapa Alasan Berikut

22 Sep 2022 11:45 160 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa Kelalaian Tentara Jerman Yang Menjadi Penyebab Kekalahannya Dalam Perang Dunia II

 

Perang Dunia II adalah salah satu perang yang sifatnya global dan merupakan perang yang terbanyak memakan korban jiwa di sepanjang catatan sejarah dunia. Perang ini dimulai sejak tanggal 1 September 1943 hingga 2 September 1945 dimana ada banyak negara yang terlibat dalam perang ini. Negara-negara tersebut tergabung ke dalam 2 kubu yaitu blok sekutu dan blok poros. Blok sekutu terdiri dari 4 negara besar yaitu Amerika Serikat, Britania Raya, Uni Soviet dan China. Sedangkan blok poros terdiri dari Jerman, Italia dan Jepang. Dalam perang dunia II ini tentara Jerman harus menerima kenyataan pahit yaitu kekalahan seperti yang terjadi dalam perang dunia I. Lantas mengapa Jerman masih kalah dalam perang dunia II ? Berikut adalah faktor-faktor penyebabnya.

1/ Kekuatan aliansi Jerman yang kurang

  • Dalam hal ini Jerman sebenarnya mempunyai pasukan yang unggul dengan persenjataan yang mumpuni. Sayangnya lawan tidak hanya dari satu negara saja sehingga Jerman membutuhkan bantuan untuk menyikapi kondisi ini. Jerman berada pada kubu yang sama dengan Italia namun negara ini juga mengalami kondisi yang hampir sama dengan Jerman.
  • Pada awalnya Jerman menginginkan Inggris untuk bergabung, namun misi ini gagal. Italia dipilih karena mempunyai ideology yang mirip dengan Nazi.

2/ Deklarasi perang terhadap Amerika Serikat

  • Pada akhir tahun 1941, saingan baru Jerman muncul yaitu Amerika Serikat yang semakin unggul dalam hal ekonomi dan teknologi senjata. Di sisi lain, presiden AS pada saat itu yaitu FD. Roosevelt merasa Jerman adalah saingan besar sehingga terus memasok senjatanya ke Inggris yang merupakan saingan dari Jerman.
  • Pada tanggal 4-7 Desember 1941, pangkalan Pearl Harbor AS diserang oleh Jepang dimana momen ini dimanfaatkan oleh Jerman untuk menyatakan perang terhadap AS pada tanggal 11 Desember 1941. Jerman memperkirakan dengan hancurnya Pearl Harbor maka AS akan disibukkan dengan menyiapkan serangan balasan dan menyaingi kemajuan Jepang.

3/ Kekurangan bahan bakar

  • Jerman mempunyai senjata yang berkualitas yaitu salah satunya adalah Tiger Tank berukuran besar yang mempunyai 6 gearbox. Sayangnya tank ini menggunakan bahan bakar yang tidak dimiliki oleh Jerman.
  • Negara yang mempunyai bahan bakar minyak tersebut di atas adalah Uni Soviet sehingga Jerman berusaha untuk menginvasinya. Biaya untuk melakukan invasi tentulah sangat besar dan bukan hal yang mudah.

4/ Penggunaan teknologi yang kurang tepat

  • Dibandingkan dengan blok sekutu, Jerman lebih banyak mempunyai persenjataan seperti tank dan pesawat jet. Sayangnya keunggulan ini tidak membawa kemenangan bagi Jerman. Namun alih-alih mementingkan kualitas, Jerman lebih mengutamakan desain senjata mereka.
  • Meskipun mempunyai banyak senjata namun kualitasnya tidak begitu mumpuni. Akibatnya adalah banyak tank dan pesawat mereka yang sering mengalami kerusakan.

Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan :

https://www.haloedukasi.com/penyebab-kekalahan-jerman-dalam-perang-dunia-ii/

 

Tags News

About The Author

Utamii 55
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel