Catatan Sejarah Tentang Peristiwa Penting Yang Terjadi Selama Perang Dingin Di Mancanegara

12 Oct 2022 10:57 345 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Catatan Sejarah Tentang Peristiwa Penting Yang Terjadi Selama Perang Dingin Di Mancanegara

 

Perang Dingin yang pernah terjadi di dunia ini melibatkan antara pihak Amerika Serikat dan Uni Soviet yang berlangsung selama 46 tahun yaitu sejak tahun 1945 sampai dengan tahun 1991. Perang yang disebabkan oleh adanya perbedaan ideology ini menyebabkan berbagai peristiwa penting bermunculan bahkan sampai melibatkan negara lainnya. Nah berikut di bawah ini adalah berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi selama Perang Dingin.

1/ Perang Saudara Yunani 

Salah satu penyebab memanasnya hubungan antara Uni Soviet dengan Amerika Serikat adalah karena adanya perbedaan ideology yang sangat kontras dimana AS menganut paham kapitalisme sedangkan Uni Soviet menganut aliran komunisme. Kedua paham ini disebarluaskan dan ditanamkan di negara-negara yang baru saja merdeka sehingga tidak jarang justru menciptakan perselisihan di dalam negara tersebut atau dikenal dengan istilah perang saudara. Salah satu perang saudara yang paling awal terjadi sebagai akibat adanya Perang Dingin adalah perang saudara di Yunani yang berlangsung pada tahun 1946 sampai dengan tahun 1949. Perang ini melibatkan antara pemerintahan Yunani yang mendapat dukungan dari blok barat yaitu Amerika Serikat, Inggris, tentara demokratik Yunani dan cabang militer dari Partai Komunis Yunani / KKE yang mendapat pengaruh dari Uni Soviet.

Perang saudara ini sudah dimulai sejak tahun 1942 s/d 1943 dimana muncul berbagai macam kelompok berbeda sebagai salah satu bentuk perlawanan afiliasi politik di dalam negeri. Salah satunya adalah Front Pembebasan Nasional / EAM yang dipimpin oleh Partai Komunis. Perang ini berlangsung selama beberapa tahap yaitu tahap pertama terjadi di musim gugur (1943-1944) menghasilkan pembentukan pemerintah persatuan nasional yang meliputi 6 menteri EAM. Tahap kedua terjadi pada akhir tahun 1944 yang menghasilkan pasukan EAM menguasai sebagian wilayah Yunani tetapi berhasil dikalahkan oleh fraksi kanan. Tahap ketiga adalah puncak dari peperangan yang terjadi sepanjang tahun 1946 hingga 1949. Pada akhirnya perang saudara dimenangkan oleh fraksi kanan yang didukung oleh Amerika Serikat dan menghasilkan bergabungnya Yunani dengan NATO.

 

2/ Perang Saudara Tiongkok

Di Tiongkok China juga tumbuh subur perang saudara selama masa Perang Dingin. Adanya Partai Komunis China menyebabkan perang saudara ini berlangsung agak lama yaitu antara tahun 1927 sampai dengan 1950 dengan melibatkan pasukan pendukung pemerintah Republik Tiongkok pimpinan Kuomintang (KMT) dengan pasukan loyal kepada Partai Komunis Tiongkok (PKT). Meskipun berlawanan tetapi kedua kubu ini sempat bersatu pada tahun 1937 demi untuk mencegah meluasnya invasi Jepang di daratan Tiongkok. Bentrok keduanya kembali muncul pada tahun 1946 setelah berhasil mengusir Jepang. Puncak dari perang saudara ini terjadi pada tahun 1950 yakni adanya gencatan senjata militer secara besar-besaran dan pada akhirnya berdiri Republik Rakyat Tiongkok yang sepenuhnya mengendalikan daratan Tiongkok Tiongkok termasuk wilayah Hainan sebagai daerah mereka dan secara yurisdiksi Republik Tiongkok terbatas di Taiwan, Penghu, Kinmen, Matsu dan beberapa pulau terpencil lainnya yang kecil-kecil.

Tidak hanya momen berdirinya RRC, hasil lainnya yang dicapai adalah dibentuknya Republik Tiongkok di Taiwan. Kedua pemerintahan ini mengklaim sebagai pemerintahan yang sah di Tiongkok. Hingga saat ini tidak ada perjanjian damai secara resmi diumumkan sehingga tidak diketahui secara pasti bagaimana dan kapan berakhirnya perang saudara di Tiongkok. 

 

3/ Pembangunan Tembok Berlin

Berlin merupakan sebuah kota yang terletak di Jerman dimana terdapat sebuah tembok yang memisahkan antara Berlin Barat dan Berlin Timur. Tembok ini terbuat dari beton yang didirikan pada tanggal 3 Agustus 1961 sebagai akibat dari ketegangan Uni Soviet dan Amerika Serikat. Di sepanjang tembok ini terdapat pos penjagaan dan daerah terlarang yang penuh dengan ranjau sehingga tidak ada kendaraan yang bisa dengan leluasa menyebranginya. Menurut blok timur, tembok yang disebut sebagai benteng proteksi ini berfungsi untuk mencegah adanya pengaruh fasis yang berpotensi menimbulkan pemberontakan dan mencegah warga Jerman Timur pindah ke barat. Sedangkan Willy Brand dari pihak Jerman Barat menyebut bahwa tembok ini adalah sebagai tembok memalukan karena membatasi pergerakan penduduknya. Saat ini tembok ini kerap diberi istilah tirai besi sudah tinggal reruntuhan saja semenjak kejatuhan Uni Soviet dalam perang dingin ini. Penghancuran tembok pembatas Eropa Barat dan Eropa Timur ini dimulai sejak bulan Oktober 1990 melalui reunifikasi Jerman.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel