Kurma dan Manfaat Vitalnya untuk Lambung

19 Sep 2022 12:30 566 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kandungan Nutrisi Dalam Kurma Bermanfaat Untuk Kesehatan Lambung

Di dalam sebutir buah kurma kering terdapat kalori dalam jumlah besar dan juga karbohidrat yaitu sebesar 74 gram. Buah kurma ini juga mempunyai energi sejumlah 314 kilokalori, jumlah lemak 0,4 gram, kandungan serat 8 gram, gula sebanyak 63 gram dan protein sebesar 3 gram. Buah kurma juga mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin D, vitamin C, vitamin B6 dan kalsium. Terdapat juga mineral seperti sodium sebesar 2 miligram dan kalium sebanyak 656 miligram. Nah dengan banyaknya kandungan serat, nutrisi, vitamin dan mineral dalam sebutir buah kurma kering maka ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsinya dalam porsi yang tepat setiap hari dengan teratur. Salah satu manfaat yang paling menonjol adalah untuk menjaga kesehatan lambung, berikut adalah beberapa manfaat buah kurma kering untuk lambung yaitu sebagai berikut :

 

1/ Bisa untuk meningkatkan kesehatan pencernaan

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa buah kurma mengandung serat alami dalam jumlah yang tinggi yaitu 8 gram serat (dalam 100 gram kurma). Serat alami ini membantu mengatur pergerakan usus dan bisa untuk meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Ini sangat bermanfaat untuk lambung dimana kandungan serat buah kurma yang banyak tidak akan menyakiti lambung jika dikonsumsi dalam kondisi lambung sedang kosong. Buah kurma bermanfaat bagus untuk pencernaan dimana pencernaan yang normal dan sehat akan memiliki efek cascading untuk dapat meningkatkan sistem lain dalam tubuh seperti penyerapan nutrisi yang lebih baik, kesehatan hati dan ginjal menjadi lebih baik dan membuat tubuh tetap rileks secara mental. Dengan mengkonsumsi kurma secara teratur dapat membantu menghindari atau bahkan meringankan sembelit dan sejumlah masalah yang ditimbulkannya.

 

2/ Bisa untuk membantu mengobati maag 

Maag umumnya menyerang ketika sedang tidak adanya asupan makanan atau asupan makanan yang telat dari jadwal makan, ini biasanya menyebabkan munculnya sakit perih pada bagian ulu hati atau lambung, gejala lainnya juga bisa dalam bentuk perut kembung. Adapun rasa perih yang muncul karena tingginya asam lambung sehingga dibutuhkan asupan yang bisa menetralisir asam lambung. Sangat diperlukan asupan makanan yang tinggi serat karena ini akan memudahkan lambung untuk segera menyerapnya sehingga lambung tidak perlu bekerja keras untuk mengolah makanan yang masuk ke dalamnya. Buah kurma diketahui kaya akan kandungan serat yang bermanfaat bagus untuk mengobati maag. Itulah kenapa pada saat bulan puasa tiba dianjurkan untuk berbuka puasa terlebih dahulu dengan makan beberapa biji buah kurma, karena setelah seharian tidak makan, buah kurma akan memberikan asupan nutrisi yang mudah dicerna sehingga cepat diserap oleh tubuh. Ini berpengaruh bagus untuk penderita maag. Dengan cara mengurangi makanan yang terlalu pedas dan asam serta makan secara teratur dan tepat waktu juga diimbangi dengan mengkonsumsi buah kurma yang kaya akan serat, ini akan membantu meringankan penderita penyakit maag.

 

3/ Membantu mengatasi asam lambung

Asam lambung adalah sebuah kondisi dimana ada kenaikan asam lambung menuju ke kerongkongan. Selanjutnya akan menyebabkan sakit ulu hati da nada sensasi terbakar di dada. Asam lambung yang naik tentu akan sangat menyakitkan dan mengganggu, jika diabaikan begitu saja akan sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk membantu mengatasi asam lambung ini dibutuhkan makanan yang mempunyai banyak serat seperti buah kurma. Dalam hal ini buah kurma ampuh untuk menggerakkan aksi otot pada lambung yaitu mengaduk-aduk dan mencampur makanan serta memecahnya menjadi partikel-partikel kecil. Hal tersebut selanjutnya membuat tubuh akan mengikat asam-asam empedu lalu membuka area antara lambung dengan usus duabelas jari dan pangkal usus halus untuk selanjutnya akan mengeluarkan sisa pencernaan makanan melalui usus kecil. Dengan serangkaian proses ini, buah kurma dapat membantu untuk menetralisir asam lambung yang kambuh.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel